Pilkada Sukses, KPU Sumut Beri Penghargaan kepada UMSU dan FISIP

Sabtu, 12 Desember 2020 - 06:05 WIB
loading...
Pilkada Sukses, KPU Sumut Beri Penghargaan kepada UMSU dan FISIP
Rektor UMSU DR Agussani (tiga dari kiri) dan Dekan FISIP UMSU Arifin Saleh (dua dari kanan) menerima penghargaan dari Ketua KPU Sumatera Utara Herdensi (tiga dari kanan), Jumat (11/12/2020). Foto/dok UMSU
A A A
MEDAN - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) memberi penghargaan kepada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ( UMSU ) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) karena ikut menyukseskan Pilkada serentak 2020 di Sumut.

UMSU dan FISIP diapresiasi atas kreativitasnya menyukseskan pelaksanaan Pilkada . Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Ketua KPU Sumut kepada Rektor UMSU dan Dekan FISIP di Auditorium UMSU, kampus Jalan Mukhtar Basri, Jumat (11/12/2020). (Baca Juga: Survei Lab Sospol FISIP UMSU Terkait Pilkada Medan di Masa Pandemi)

"Kami melihat kegiatan-kegiatan kreatif yang dilakukan UMSU terkait Pilkada 2020 patut diparesiasi. Berbagai kreasi mereka telah tunjukkan guna menyukseskan Pilkada di 23 kabupaten/kota di Sumut. Kami bersyukur. Kami bangga melihat UMSU," kata Ketua KPU Sumut, Herdensi, dalam sambutannya.

Herdensi mengungkapkan, awalnya banyak pihak yang meragukan pelaksanaan Pilkada serentak kali ini berjalan lancar karena dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Bahkan, ada anggapan pilkada akan menimbulkan klaster baru penyebaran virus Corona.

"Tetapi keraguan itu terjawab. Alhamdulillah Pilkada berjalan baik. Masyarakat ternyata taat dan patuh melaksanakan protokol kesehatan saat pencoblosan," ujarnya.

Menurut Herdensi, salah satu pihak yang memberikan pendidikan politik terkait kepatuhan itu salah satunya adalah UMSU . Pendidikan terhadap pemilih yang salah satunya kampanye Jangan Takut ke TPS, kata Herdensi, sangat membantu. "Makanya layak kami beri apresiasi. Mudah-mudahan UMSU terus mendukung dan melanjutkan pendidikan politiknya hingga tahapan pilkada selesai," tegasnya.

Rektor UMSU DR Agussani menyambut baik penghargaan dari KPU Sumut tersebut. "Terima kasih, kami senang mendapat penghargaan ini. Apresiasi ini harus kami syukuri dan kami jadikan sebagai motivasi untuk lebih baik dan terus berkomitmen untuk memberi kontribusi demi kemajuan daerah dan bangsa," ujarnya.

Menurut Agussani, pihaknya bangga dengan kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi ini. Keberhasilan KPU Sumut ini tak terlepas dari tata kelola institusi di KPU dan jajarannya.

Dalam mendukung pelaksanaan Pilkada 2020 ini, UMSU membuka ruang seluas-luasnya kepada civitas akademika untuk berpartisipasi aktif menyukseskan Pilkada serentak. Kemudian memfasilitasi berbagai kegiatan seperti seminar, workshop, dan diskusi yang berkaitan dengan Pilkada serentak 2020.

Selain itu, UMSU merestui dosen-dosennya terlibat aktif sebagai Tim Panelis Penyusun Pertanyaan Debat Publik Pilkada Serentak yang diselenggarakan KPU kabupaten/kota. Termasuk beberapa dosennya dipercaya menjadi moderator debat publik pilkada serentak yang diselenggarakan KPU kabupaten/kota.

Sebelumnya Dekan FISIP DR Arifin Saleh menyampaikan pihaknya melakukan berbagai kegiatan di antaranya, diskusi, webinar nasional "Jangan Takut ke TPS" menghadirkan pembicara KPU RI Pramono. Kemudian melakukan survei terkait partisipasi pemilih dan persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan Pilkada di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, menggelar sosialisasi melalui flyer sukseskan pilkada dengan jargon "Ayo Jangan Takut ke TPS" yang disebar melalui akun sosial media semua civitas akademika FISIP UMSU. juga melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa menurunkan dosen dan mahasiwa sebagai relawan pemantau/pengawas di TPS masing-masing.

Hadir dalam acara itu Anggota KPU Sumut Yulhasni dan Syafrialsyah, Sekretaris KPU Sumut Irwan Zuhdi Siregar, dan staf KPU Sumut. Pihak UMSU , selain Rektor, hadir juga WR 1 DR Muhammad Arifin Gultom, WR 2 DR Akrim, WR 3 DR Rudianto, Sekretaris Universitas Gunawan, Dekan FISIP Arifin Saleh Siregar, WD 3 FISIP Abrar Adhani dan pimpinan fakultas lainnya. (Baca Juga: Kemendagri Bantah Ada Keterlibatan dalam Pilkada Medan)
(rhs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)