Survei Charta Politika Indonesia Jelang PSU 9 Juni, Paslon Petahana Unggul

Kamis, 27 Mei 2021 - 15:01 WIB
loading...
Survei Charta Politika Indonesia Jelang PSU 9 Juni, Paslon Petahana Unggul
PSU Pilgub Kalsel digelar 9 Juni 2021 mendatang. Elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalsel petahana Sahbirin Noor-Muhidin unggul dibandingkan paslon lainnya. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BANJARMASIN - Pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalimantan Selatan (Kalsel) digelar 9 Juni 2021 mendatang. Elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalsel petahana Sahbirin Noor-Muhidin unggul dibandingkan paslon lainnya.

Keunggulan tersebut berdasarkan survei Charta Politika Indonesia. "Paslon Sahbirin Noor-Muhidin dipilih 59,9% responden, sementara Denny Indrayana-Difriadi Darjat mendapat 22,1%," kata Ketua Tim Pemenangan Sahbirin-Muhidin, Muhammad Rifqinizamy Karsayuda di Banjarmasin, Rabu (26/5/2021).

Anggota DPR dari PDIP ini pun mengajak masyarakat di wilayah PSU untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Mereka diharapkan memberikan hak suaranya guna menentukan pemimpin Bumi Lambung Mangkurat periode 2020-2024.

"Kami berupaya meyakinkan masyarakat yang belum menentukan pilihan agar dapat memberikan hak suaranya di PSU 9 Juni nanti berdasarkan hati nurani dan menurut keyakinan adalah yang terbaik," ujarnya.

Diketahui, Charta Politika Indonesia menyelenggarakan survei preferensi politik masyarakat Kalsel pada 17-22 Mei 2021. Jumlah sampel 1.740 responden tersebar di wilayah PSU, yaitu tujuh kecamatan dari tiga kabupaten dan kota.

Metodenya wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur. Survei menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error 2,3% pada tingkat kepercayaan 95%.

Selain mereka telah menentukan pilihan, ada juga masyarakat yang belum menjatuhkan suaranya. Pada periode survei tersebut, 18% responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan digelarnya PSU Pilgub Kalsel di tujuh kecamatan di tiga kabupaten dan kota. Di Kota Banjarmasin, PSU digelar di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Berikutnya lima kecamatan di Kabupaten Banjar, yaitu Sambung Makmur, Aluh-Aluh, Martapura, Mataraman, dan Astambul. Selanjutnya Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel telah mendistribusikan logistik surat suara ke daerah yang menggelar PSU yang tinggal 15 hari lagi pada 827 TPS dengan daftar pemilih 266.757 orang.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)