Habib Rizieq Diperiksa Polda Jabar, Ridwan Kamil: Jangan Bawa Simpatisan

Senin, 07 Desember 2020 - 17:27 WIB
loading...
Habib Rizieq Diperiksa Polda Jabar, Ridwan Kamil: Jangan Bawa Simpatisan
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam konferensi pers virtual dari Markas Kodam III/Siliwangi, Kota Bamdung, Senin (7/12/2020). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau seluruh simpatisan Habib Rizieq Shihab tidak ikut serta dalam pemeriksaan Habib Rizieq Shihab di Markas Polda Jabar .

Diketahui, Polda Jabar menjadwalkan pemeriksaan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab pada Kamis, 10 Desember 2020 mendatang untuk dimintai klarifikasinya terkait kerumunan massa pendukungnya di kawasan Megamendung, Kabupaten Bogor, beberapa waktu lalu.

(Baca juga: Kapolda Metro Jaya Ultimatum Habib Rizieq untuk Patuh pada Hukum)

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menegaskan, pihaknya sangat mempercayai institusi kepolisan dalam menyelesaikan kasus tersebut. "Kami sangat memercayai institusi kepolisian. Semua SOP (standar operasional prosedur), semua prosedur itu sudah dihitung, ditimbang-timbang dengan baik. Tugas kita adalah menjaga kondusivitas," tuturnya dalam konferensi pers yang juga digelar virtual dari Markas Kodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Senin (7/12/2020).

(Baca juga: Pria Berpakaian Laskar hingga Jawara Terlihat di Sekitar Rumah Habib Rizieq)

Kang Emil juga mengatakan, sebagai warga yang taat hukum, dirinya pun siap menjalani pemeriksaan terkait kasus tersebut. Karena itu, Kang Emil pun berharap Rizieq Shihab dapat menjalani seluruh proses hukum yang telah diagendakan Polda Jabar.

"Jadi, saya kira kita ini negara hukum, hukum itu ada prosedur. Ikuti prosedur dengan baik, supaya kita fokus pada penanganan epidemiologi ya kira-kira," katanya.

(BACA JUGA : Bikin Gebrakan Lagi, Erick Thohir Obrak-abrik Direksi Angkasa Pura 1 )

Meski begitu, Kang Emil mengimbau dalam pelaksanaannya nanti simpatisan Habib Rizieq tak perlu datang mengawal jalannya pemeriksaan. Menurutnya, pengawalan yang berpotensi menimbulkan kerumunan dikhawatirkan menimbulkan kasus baru. "Saya pun kan dimintai keterangan ya saya secukupnya saja. Jadi makin ada kerumunan, nanti bikin kasus lagi," tegasnya.

(BACA JUGA : Sosok Jenderal Andika Perkasa di Mata Prajurit TNI AD )

Kang Emil menekankan, imbauan untuk menghindari bukan hanya saat Habib Rizieq diperiksa Polda Jabar, namun berlaku bagi seluruh kegiatan masyarakat saat ini. "Jangan bikin kerumunan kepada semua kegiatan di masyarakat, termasuk kalau ada pemeriksaan hukum, jangan bikin kerumunan, membawa simpatisan apapun karena nanti malah jadi perkara lagi seperti itu," paparnya.

Kang Emil pun berharap, rencana pemeriksaan Habib Rizieq tidak lantas menganggu kondusivitas Jabar yang selama ini sudah terjaga baik. "Kita berharap Jawa Barat selalu kondusif, saya ucapkan terima kasih kepada Pak Kapolda dan jajaran TNI juga. Sejauh ini, kita relatif aman terkendali," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)