Tangani COVID-19 di Balikpapan, Pertamina Kucurkan Rp2 Miliar

Selasa, 12 Mei 2020 - 17:39 WIB
loading...
Tangani COVID-19 di Balikpapan, Pertamina Kucurkan Rp2 Miliar
Pertamina Grup mengucurkan bantuan kepada Pemkot Balikpapan, Kalimantan Timur untuk menangani pandemi virus Corona (COVID-19) senilai Rp2 miliar. Foto/iNews TV/Mukmin Aziz
A A A
BALIKPAPAN - Pertamina Grupyang terdiri Pertamina RU V Balikpapan, Marketing Operation Region VI Kalimantan, Pertamina EP Asset 5, Pertamina Hulu Mahakam, dan Pertamina Hulu Kalimantan Timurmengucurkan bantuan kepada Pemkot Balikpapan senilai Rp2 miliar. Bantuan ini sebagai langkah BUMN di Kota Balikpapan yang turut andil dalam menanggulangi wabah COVID-19.

"Ini langkah mendukung pemerintah daerah Kota Balikpapan. Nilainya Rp2 miliardalam berbagai bentuk bantuan. Sebagian bantuan tersebut telah disalurkan sejak 3 Maret 2020 lalu dan sebagian lainnya masih akan disalurkan hingga beberapa minggu ke depan," terangGeneral Manager RU V Balikpapan, Mulyono di Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa(12/5/2020). (Baca juga: Jadi Gelandangan di Denpasar, Bule Belarusia Diamankan)

Pertamina Grup secara simbolis memberikan bantuan penanggulangan COVID-19 kepada Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi. Dalam kesempatan tersebut, Rizal mengapresiasi langkah Pertamina Grup sebagai langkah dukungan penanggulangan penyebaran virus Corona di Balikpapan. "Bantuan ini sangat bermanfaat dalam upaya percepatan penanganan pandemi. Tapi kami minta juga, agar tenaga kerja lokal diberi kesempatan pertama untuk direkrut pada proyek Pertamina, baik pemeliharaan kilang maupun RDMP," ujarnya. (Baca juga: Polda Papua Ungkap Kronologis Pesawat MAF Jatuh ke Danau Sentani)

Bantuan yang diberikan untuk wilayah Kota Balikpapan sendiri sudah mencapai 2.926 paket sembako, 36 wastafel, dan 1.155 alat pelindung diri (APD). Selain itu, bantuan lainnya berupa penyemprotan desinfektan untuk puluhan titik fasilitas umum, alat penyemrotan dan cairan desinfektan, healthy kit (masker, multivitamin, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan) dan beberapa barang untuk penjaga imun dan stamina tubuh.

"Ini bentuk dukungan kami kepada pemerintah untuk bersama-sama memutus mata rantai dan juga membantu kepada masyarakat terdampak," terangnya.

Sementara itu, Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan Roberth Dumatubun, yang sekaligus sebagai pelaksana tugas koordinator Forum Komunikasi Pertamina Kalimantan menjelaskan bantuan penanggulangan COVID-19 ini telah disalurkan sejak Maret dan masih ada sebagian yang akan direalisasikan dalam beberapa minggu ke depan.

"Semua bantuan yang telah disalurkan sebisa mungkin disesuaikan dengan kebutuhan setempat, seperti kebutuhan untuk tenaga medis yaitu surgical mask, APD, dan minuman penguat stamina seperti susu dan madu. Sedangkan, untuk warga-warga di beberapa kelurahan disediakan wastafel portabel dan bantuan healthy kit," bebernya.

Bantuan yang diberikan telah melalui koordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, aparat kepolisian, dan instansi terkait lainnya sehingga penyaluran lebih tepat sesuai dengan kebutuhan yang ada.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3106 seconds (0.1#10.140)