Jadi Narasumber Kuliah Umum FISIP UNSRI, Bupati DRA Ungkap Terobosan Aspal Karet

Kamis, 03 Desember 2020 - 17:46 WIB
loading...
A A A
Bupati Dodi Reza Alex Noerdin juga dalam kesempatan ini, paparkan langkah strategis market by event yang dilaksanakan secara gradual akan mendorong pasar baru bagi UMKM terutama di sektor kuliner, hotel, transportasi.

Contohnya, Muba setiap tahunnya menyelenggarakan Muba Auto Gymkhana di Skyland Sirkuit, Supermoto serta Festival Randik, festival bekarang. "Eco wisata, local culture dan sport tourism membangkitkan UMKM di Muba diantaranya Eco wisata Danau Ulak Lia, Festival Bongen (tradisi pantai dadakan akibat surutnya debit air Sungai Musi," jelasnya.

Untuk UMKM Muba bangkit dan maju ditengah pandemi, dikatakannya pertama Muba menciptakan produk-produk ramah lingkungan yang menarik di pasar yaitu produk Gambo Muba dan pelepah pinang.

"Gambo Muba memiliki estetika yang tinggi, karena penggunaan bahan alami dan kerajinan asli tangan Pemberdayaan masyarakat terutama para Ibu-ibu rumah tangga yang dapat meningkatkan pendapatan ekonominya, dan produk produk Gambir ini juga sangat ramah lingkungan. Disinilah kita memasukkan UMKMnya," terangnya.

Dan selanjutnya, produk Pelepah pinang yang dikelola menjadi wadah makanan pengganti styrofoam dan plastik. Pelepah pinang ini juga menjadi program kita bersama pemerintah untuk pemberdayaan masyarakat dan inovasi produk ramah lingkungan ini juga terus kita fokuskan pengembangan pengelolaan pelepah pinang.

Paparan materi yang disampaikan Bupati Dodi Reza Alex Noerdin ini sangat memukau peserta kuliah umum dan mendapat apresiasi dari Dekan Fakultas ISIP UNSRI Prof Dr Kiagus Muhammad Sobri dan Wakil Dekan 1 Fakultas ISIP UNSRI Prof Dr Alfitri.
(alf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)