Pasca Pengepungan Rumah Ibunda Mahfud MD, Dua Orang Diperiksa Polres Pamekasan

Rabu, 02 Desember 2020 - 16:32 WIB
loading...
Pasca Pengepungan Rumah Ibunda Mahfud MD, Dua Orang Diperiksa Polres Pamekasan
Dua orang diperiksa Polres Pamekasan, Madura, pasca pengepungan rumah Menkopolhukam Mahfud MD di Madura, Jawa Timur.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Polda Jatim memeriksa dua orang koordinator massa yang mengepung rumah ibunda Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Jalan Dirgahayu, Kelurahan Bugih, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan. Aksi yang dilakukan secara spontan itu dilakukan oleh massa yang tergabung dalam Umat Islam Pamekasan, Madura.

(Baca juga : Tokoh Oposisi Kumpul di Dialog Nasional 212, Kekuatan Baru Pemilu 2024? )

“Massa yang melakukan pengepungan ini merupakan massa cair. Aksi mereka berlangsung kurang lebih selama 5 menit. Aksi yang mereka lakukan merupakan bentuk solidaritas terhadap RS (Rizieq Shihab/pentolan Front Pembela Islam. Kita tunggu hasil pemeriksaan dari Polres (Pamekasan),” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Rabu (2/11/2020).

(Baca juga: Habib Rizieq: Revolusi Akhlak Bukan Upaya Menggulingkan Pemerintahan Sah )

Truno menyesalkan adanya peristiwa pengepungan tersebut, apalagi itu dilakukan di kediaman ibunda Menko Polhukam Mahfud MD. Saat itu, ibunda Mahfud MD sedang beristirahat. Ke depan, pihaknya akan melakukan pengamanan di kediaman tersebut. Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup.

“Kami, Polda Jatim menyesalkan peristiwa pengepungan ini. Apalagi warga Jatim terkenal sebagai warga yang guyub rukun,” imbuhnya.

(Baca juga : Rumah Mahfud MD Dikepung Massa, GMNU: Kalau Dibiarkan Indonesia Mirip Suriah )

Sebelumnya, ratusan orang pada Selasa (1/12/2020) sekitar pukul 14.00WIB mendatangi rumah ibunda Menko Polhukam Mahfud MD. Peristiwa tersebut terekam dalam video dan tersebar lewat aplikasi chatting. Dalam video berdurasi 32 detik tersebut, massa didominasi laki-laki. Mereka mengenakan busana muslim, mulai dari baju koko, sarung, lengkap dengan kopiah, dan sorban.

(Baca juga: Rumah Ibu Mahfud MD Dikepung Massa, MUI: Preseden Buruk Demokrasi )

Dalam video itu juga terdengar seseorang yang menjelaskan jika gambar tersebut diambil di depan rumah Mahfud MD. Massa lainnya tampak mengabadikan momen. “Rumah Mahfud dikeppong (dikepung). Rumah menteri dikeppong,” begitu suara yang terdengar dalam video dengan logat bahasa Madura.

Massa sebagian besar menumpang mobil bak terbuka. Sebagian lagi mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Kendaraan mereka kemudian diparkir di pinggir jalan. Massa terlihat berteriak-teriak di depan rumah yang ditempati ibunda Mahfud MD itu. "Mahfud, Mahfud keluar Mahfud," teriak massa
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5583 seconds (0.1#10.140)