Foto Viral Mengubah Nasib Pemulung Muda

Sabtu, 28 November 2020 - 10:35 WIB
loading...
Foto Viral Mengubah Nasib Pemulung Muda
Foto/Instagram @Awan_Rozy
A A A
REMAJA itu duduk di pinggir jalan yang basah. Sambil melipat kaki yang ditutupi karung, mulutnya komat-kamit sambil memandangi kitab kecil dalam genggamannya.

Foto yang memperlihatkan seorang pemulung muda tengah membaca Alquran itu beredar awal November lalu dan mampu menarik perhatian banyak orang. Pemulung bernama Muhamad Akbar Gifari (Akbar) asal Garut itu tertangkap kamera tengah khusyuk mengaji di trotoar jalan di kawasan Braga, Bandung, Jawa Barat. Dia tidak memedulikan orang-orang lewat demi hasratnya membaca kalam Ilahi. (Baca: Antara Cacian dan Doa yang Dikabulkan)

Hermawan atau yang akrab disapa Awan, juru parkir yang bertugas di sekitar deretan toko-toko di Jalan Braga itu menjadi orang di balik foto mengharukan tersebut. "Awalnya saya tidak mengira dia sedang mengaji. Setelah saya lewat di depannya, dia ternyata sedang mengaji," ucapnya seperti pada video yang diunggah Pesantren Yatim Al-Hilal.

Awan tentu tidak berani menyapa. Baginya pantang mengganggu orang yang sedang mengaji. Dia hanya bisa memperhatikan dan berinisiatif mengambil foto Akbar. "Menurut saya ini pemandangan yang jarang terjadi, sangat luar biasa," tambahnya.

Hujan cukup lama, Akbar pun masih di tempatnya sembari mengaji. Awan pun kembali bertugas memarkirkan beberapa kendaraan dan mengantarkan pemilik mobil sampai toko yang dituju dengan payung karena kondisi yang masih hujan. Sesekali mata Hermawan tertuju kepada Akbar yang belum beranjak dari tempat duduknya. Dia pun ingin berbincang dengan anak itu. Sayang, karena pekerjaannya yang cukup sibuk sore itu Awan kehilangan Akbar.

Berkesan di hatinya, Awan terus memandang foto di ponselnya hingga mengunggah di akun Facebook miliknya. Khawatir menimbulkan komentar negatif, dia sempat menghapus foto tersebut. Tapi, sosok pemulung dan foto yang diambilnya saat sore tadi terus mencuri pikirannya. (Baca juga: Seleksi Guru PPPK, Guru Wajib Terdata di Dapodik)

Awan begitu kagum melihat orang yang mengaji di mana pun mereka berada. Dia pun bercita-cita memiliki anak penghafal Alquran. "Saya juga langsung teringat pesan seorang kerabat yang suka mengajari saya tentang memotret. Kata dia, nanti kamu suatu saat bisa berbagi kebaikan dengan foto, tidak mesti dengan uang yang banyak," kenang Awan.

Akhirnya, sebelum pulang mengandalkan Wi-Fi toko tempat biasa dia bertugas, Awan kembali menggunggah foto pemulung tersebut di akun Facebook miliknya. Keesokan harinya sudah mulai ramai diperbincangkan, bahkan istrinya tidak menyangka foto viral yang ada di Instagram ialah hasil jepretan suaminya. Ternyata sudah banyak netizen yang mengirim ulang unggahan Awan ke berbagai media sosial.

Hingga Pesantren Yatim Al-Hilal pun berinisiatif mencari Akbar karena dekat dengan kantor mereka yang dimulai dengan menyusuri dari titik foto viral tersebut. Namun, Akbar sudah tidak ada di Jalan Braga. Berdasarkan video di akun YouTube Pesantren Yatim Al-Hilal yang diunggah per 5 November 2020, Akbar sudah berjalan sejauh 20 km dari Jalan Braga dan ditemukan di daerah Cikole, Lembang. (Baca juga: Fungsi Minyak Zaitun untuk Kesehatan)

Sejak saat itu Akbar semakin dikenal hingga takdir mempertemukannya dengan ulama besar Syekh Ali Jabber. Syekh mengangkat Akbar menjadi anak dan berencana menyekolahkannya di pondok pesantren. Bahkan, Desember nanti Akbar akan diberangkatkan umrah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3321 seconds (0.1#10.140)