Taiwan Education Center in Surabaya Gelar Pameran Daring untuk Pelajar Indonesia

Rabu, 25 November 2020 - 07:30 WIB
loading...
Taiwan Education Center in Surabaya  Gelar Pameran Daring untuk Pelajar Indonesia
Taiwan Education Center in Surabaya Gelar Pameran Daring untuk Pelajar Indonesia. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Sebagai upaya untuk menjembatani para calon mahasiswa dari Indonesia untuk mendapatkan informasi lengkap seputar pendidikan tinggi di Taiwan serta informasi beasiswanya, Taiwan Education Center in Surabaya (TECSID) yang dikelola oleh Asia University rutin menggelar pameran Pendidikan tinggi Taiwan tiap tahunnya.

Setiap tahunnya, TECSID mengadakan dua kali pameran di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Jogja, Semarang, Surabaya, Malang, Makassar, dan kota-kota lainnya. (Baca juga: Taiwan Klarifikasi Kasus Impor COVID-19 dari Luar Negeri )

Namun dengan adanya pandemi COVID-19 yang melanda semua negara di dunia, maka tim TECSID mengalihkan penyelenggaraan pameran ini menjadi virtual menggunakan aplikasi “THEF Virtual App” yang khusus dikembangkan untuk pameran virtual untuk semua platform ponsel pintar dan windows. (Baca juga: Tanpa Alasan Jelas, Pemkot Surabaya Tutup Jalan Sedap Malam )

Pameran virtual ini diadakan untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya sukses diadakan pada bulan Juni 2020. Tercatat ada lebih dari 9700 peserta yang mengikuti acara yang diadakan Sabtu, 21 November 2020 lalu.

Acara tersebut disiarkan secara langsung dari Hotel Evergreen Taichung, Taiwan melalui portal www.taiwanedufair.com. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini dimana mereka berinteraksi secara langsung dengan para perwakilan kampus-kampus se-Taiwan yang mengikuti acara ini.

Mereka bertanya dan berdiskusi seputar informasi kampus serta beasiswa yang ditawarkan. Dalam acara ini, ada 41 universitas top (negeri dan swasta) dari seluruh Taiwan yang bergabung, seperti National Taiwan University, National Taiwan University of Science and Technology, Asia University, dan China Medical University.

Acara ini merupakan salah satu bentuk implementasi kebijakan baru kearah selatan (Taiwan New Southbound Policy) yang berfokus pada beberapa bidang Kerjasama seperti Pendidikan, ekonomi dan perdagangan.

Melalui pameran Pendidikan Taiwan secara virtual ini, pemerintah Taiwan menargetkan untuk terus meningkatkan jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di berbagai perguruan tinggi di Taiwan. Saat ini jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Taiwan mencapai 13.900 orang.

Dalam sambutannya, Deputi Politik Menteri Pendidikan Taiwan, Dr Mon-Chi Lio, dalam siaran persnya, Rabu (25/11/2020), menjelaskan, saat ini terdapat 38 universitas di Taiwan yang masuk dalam peringkat dunia, bahkan ada 12 universitas di Taiwan yang masuk dalam peringkat 500 besar berdasarkan QS World University Ranking.

"Ini merupakan satu indikator bahwa kualitas pendidikan tinggi di Taiwan telah diakui secara global," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)