Belum Dapat BLT, Puluhan Ribu Pelaku Usaha di Kota Bandung Terkatung Katung

Kamis, 19 November 2020 - 12:45 WIB
loading...
Belum Dapat BLT, Puluhan Ribu Pelaku Usaha di Kota Bandung Terkatung Katung
ilustrasi
A A A
BANDUNG - Lebih dari 94.000 pelaku usaha mikro dan kecil ( UMK ) di Kota Bandung, Jawa Barat hingga kini masih terkatung-katung, menunggu pencairan dana bantuan tunai (BLT) pemerintah. Mereka adalah pelaku usaha yang mendaftar BLT tahap pertama.

Kepala Bidang UMKM Dinas UMKM Kota Bandung Eri Nurjaman mengatakan, hingga kini masih ada sekitar 94.000 usaha mikro dan kecil yang belum mendapat bantuan. Mereka adalah pelaku usaha yang telah mendaftar program BLT UMKM tahap pertama.

"Dari data kami yang mendaftar 160.000 dan diverifikasi Pemprov sebanyak 155.000, yang telah mendapat uang senilai Rp2,4 juta sebanyak 56.017. Artinya, sisanya belum," kata Eri pada acara Bandung Menjawab, Kamis (19/11/2020).(Baca juga: Periksa Ridwan Kamil, Polda Jabar-Bareskrim Polri Bentuk Timsus Penyidik )

Menurut dia, mereka yang telah terdata dan mengajukan BLT tahap pertama, tidak bisa lagi mengajukan BLT tahap dia yang saat ini sedang dibuka di Kota Bandung. Karena, data atau nomor KTP mereka telah terdaftar pada periode pertama.

"Jadi yang sudah mendaftar di tahap pertama, tidak bisa lagi mendaftar tahap kedua. Karena, saat di akhir akan submit tidak akan bisa. Karena datanya sudah terekam," beber dia.(Baca juga: Geliat Pariwisata, Jabar Buka Investasi Hotel Kapsul hingga Bintang Lima )

Oleh karenanya, dia berharap, mereka yang belum dapat uang BLT dari pendataan tahap pertama bisa bersabar. Karena yang memiliki kewenangan melakukan pencairan adalah pemerintah pusat.

Saat ini, kata dia, proses pendaftaran BLT UMKM tahap kedua masih berlangsung. Pendaftaran akan ditutup hingga 25 November 2020. Sampai saat ini, sudah ada 31.000 pelaku usaha yang mendaftar mendapatkan BLT UMKM.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)