Amma Tia, Dukun Beranak Pulau Poleondro yang Diberi Insentif Rp100 Ribu Perbulan

Rabu, 18 November 2020 - 22:29 WIB
loading...
Amma Tia, Dukun Beranak Pulau Poleondro yang Diberi Insentif Rp100 Ribu Perbulan
Rahmatia (50), dukun beranak yang membantu persalinan ratusan warga Pulau Poleondro, Desa Poleondro, Kecamatan Liukang Tangaya. Foto: Sindonews/Muhammad Subhan
A A A
PANGKEP - Persalinan warga Pulau Poleondro, Desa Poleondro, Kecamatan Liukang Tangaya ditangani oleh seorang dukun beranak , Rahmatia (50), dan hanya mendapat Rp100 ribu perbulan.

Amma Tia, begitu warga memanggil perempuan yang mengaku sudah membantu 149 kali ibu melahirkan di pulau yang berjarak hampir 200 mill dari ibukota kabupaten Pangkep ini.



Amma Tia mengaku mendapatkan ilmu persalinan dari bibinya yang juga dukun beranak atau Sanro Pammana. Hampir 20 tahun terakhir ini, Amma Tia berkeliling dari rumah ke rumah ibu hamil untuk mengurus mereka.

"Dia sudah tua sekali, sudah tidak bisa bekerja jadi saya yang gantikan," ucapnya kepada Sindonews pekan lalu saat mengunjungi pulau Poleondro bersama rombongan Bupati Pangkep.

Amma Tia menuturkan, ia mendampingi ibu hamil sejak usia kandungan mereka lima bulan. Sejak itu, Amma Tia mulai memeriksa kesehatan kandungan dengan ilmu persalinan yang ia miliki. Saat usia kandungan sembilan bulan, Amma Tia semakin intens mengunjungi pasiennya atau disebut anak sanronya.

"Saya periksa posisinya apakah sudah benar atau tidak. Saya bacakan doa-doa untuk membantu proses persalinan," katanya.

Bagi anak sanro yang kesulitan melahirkan, Amma Tia mengatakan memberikan air putih yang sudah didoakan.

"Biasanya kalau sudah dikasi minum tidak lama kemudian dia bisa melahirkan, paling lama 10 menit setelah minum," katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)