Palak Setiap Sopir Truk Rp50 Ribu, 6 Pelaku Pungli Tasikmalaya Dibekuk Polisi

Minggu, 15 November 2020 - 17:56 WIB
loading...
Palak Setiap Sopir Truk Rp50 Ribu, 6 Pelaku Pungli Tasikmalaya Dibekuk Polisi
Aksi oungutan liar terhadap para sopir truk di jembatan bailey Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, viral di media sosial dan pesan berantai. Foto/iNews TV/Asep Juhariyono
A A A
TASIKMALAYA - Enam orang pelaku pungutan liar (Pungli) dibekuk Satreskrim Polres Tasikmalaya . Mereka kedapatan melakukan pemerasan terhadap para pengemudi truk yang akan melintas di jembatan bailey Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya . (Baca juga: Status Siaga, Merapi Keluarkan 11 Kali Guguran Lava Pijar dan Suara Gemuruh )

Dalam rekaman video, terlihat seorang pria berpakaian putih mencegat sejumlah kendaraan yang hendak melintas ke jembatan darurat bailey di Cipatujah, yang pada november 2018 lalu jembatan Cipatujah roboh akibat diterjang banjir bandang.

Pelaku yang diduga preman kemudian memaksa meminta uang sebesar Rp50 ribu/kendaraan yang akan melewati jembatan bailey. Jembatan baley tersebut dibangun oleh Kementrian PUPR, setelah jembatan Cipatujah ambruk.

Dalam video tersebut, sopir truk sempat menawar untuk membayar Rp20 ribu. Namun pria yang terus direkam meminta Rp50 ribu/truk. Saat kejadian tersebut, ada tiga truk yang akan melintas. (Baca juga: Terjepit Bodi Mobil, Sopir yang Ditabrak KA Penataran Blitar-Surabaya Tewas )

Meski belum diketahui waktu pengambilan video tersebut, namun lokasi pungli terjadi di jembatan bailey Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya . Menurut pelaku, pungli tersebut sudah biasa dilakukan. Bahkan dikatakanya, telah banyak kendaraan yang melintas dengan membayar uang tersebut.

Dalam rekaman tersebut, pelaku diminta menunjukkan uang hasil pungli Rp150 ribu dengan alasan untuk laporan ke bos korban. Dengan polosnya pelaku menunjukkan uang pungli pada kamera.

Diakhir video, sang sopir lalu menggerutu dirinya meminta petugas kepolisian untuk menertibkan dan menindak tegas para pelaku pungli tersebut. Tak butuh waktu lama, jajaran Satreskrim Polres Tasikmalaya , langsung melakukan penyelidikan ke lokasi kejadian, dan meminta keterangan sejumlah sopir yang sudah menjadi korban. (Baca juga: Kenangan Sardi, Berjibaku Menyelamatkan Diri Dari Amuk Wedhus Gembel )

Benar saja di lokasi polisi melihat sejumlah preman yang sedang melakukan aksi pungli pada truk-truk yang akan melintasi jembatan, dan polisi langsung melakukan penyergapan para pelaku disebuah pos di dekat jembatan Cipatujah.

Selain para pelaku, polisi juga berhasil menyita barang bukti berupa uang tunai hasil pungli . Jajaran Polres Tasikmalaya akhirnya berhasil menangkap enam orang pelaku pungli , akan tetapi untuk keterlibatan para pelaku pungli terhadap kendaraan yang hendak melintas ke jembatan bailey, masih didalami.

Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1402 seconds (11.252#12.26)