Pantau Penyaluran BST, Bupati Ingin Pastikan Penerima Bantuan Tepat Sasaran

Sabtu, 09 Mei 2020 - 23:06 WIB
loading...
Pantau Penyaluran BST, Bupati Ingin Pastikan Penerima Bantuan Tepat Sasaran
Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, memantau langsung penyaluran BST di Kantor Pos Karanganyar dan Kantor Pos Gombong, Sabtu (9/5). Foto/Ist
A A A
KEBUMEN - Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, memantau langsung penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST), untuk masyarakat terdampak pandemi Corona atau COVID-19 di Kantor Pos Karanganyar dan Kantor Pos Gombong.

Bupati Kebumen sengaja memantau penyaluran bantuan tunai tersebut untuk memastikan diterima langsung oleh warga yang berhak menerima.

"Saya ingin memastikan bantuan tepat sasaran dan tidak ada pemotongan apapun," kata Yazid Mahfudz disela-sela memantau penyaluran BST, Sabtu (9/5/2020).

Turut mendampingi Bupati, Kepala Dinas Sosial dan PPKB Eko Widianto, Kepala Kantor Pos Kebumen Wendi Nugroho dan Kabag Humas Setda Kebumen Eko Purwanto.

Bupati Kebumen yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten menegaskan, Bantuan Sosial Tunai merupakan bantuan dari Pemeriantah Pusat melalui Kementerian Sosial RI untuk masyarakat Indonesia yang terdampak wabah Covid-19.

"Program ini harus kita dukung bersama. Setelah ini nanti akan ada bantuan dari Provinsi, dari Desa dan dari Kabupaten juga ada," imbuhnya. (Baca juga: Terdampak Pandemi, 27.191 KK di Kebumen Terima BST Rp600 Ribu Per Bulan )

Dia menyampaikan, bantuan ini sangat bermanfaat bagi penerima manfaat yang terimbas wabah Covid-19. Apalagi, saat ini menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Jangan langsung dihabiskan. Berhemat-hematlah dalam menerima bantuan ini dan tidak untuk foya-foya," pintanya.

Kantor Pos Kebumen mulai menyalurkan bantuan ini sejak Jumat (8/5). Bantuan kepada warga akibat terdampak wabah Covid-19 diberikan kepada 27.191 Kepala Keluarga di Kabupaten Kebumen.

Dari jumlah itu, Kantor Pos di Kebumen menyalurkan 21.736 penerima. Sisanya disalurkan melalui Bank Himbara yang tersebar di 4 bank, yaitu Bank Mandiri, BTN, BRI dan BNI. Setiap penerima bantuan menerima Rp 600 ribu setiap bulan selama tiga bulan.

Di Kantor Pos Gombong, penerima bantuan sebanyak 1.750 KK yang tersebar di 14 desa/kelurahaan. Sedangkan, Kantor Pos Karanganyar menyalurkan bantuan kepada 1.417 penerima di 11 desa/kelurahan. Penyaluran sendiri dijadwalkan selama empat hari. Mulai Sabtu hingga Selasa, 9-12 Mei 2020.

Sementara itu, Wakil Bupati selaku Wakil Ketua I Gugus Tugas melakukan monitoring pelaksanaan pembayaran BST di Kantor Pos Kebumen, Pejagoan, Sruweng dilanjutkan ke Sempor.

Hari ini, Sabtu (9/5), Data Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Kebumen, jumlah positif 27 orang. Rinciannya, kasus positif sebanyak 17 orang masih dirawat, 8 orang sembuh dan 2 orang meninggal dunia.

Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 153 orang, dengan rincian masih dalam pengawasan sebanyak 24 orang, meninggal tanpa hasil lab 14 orang, selesai pengawasan 41 orang dan dinyatakan negatif 74 orang.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 2.638 orang. Terdiri dari 2.468 orangs selesai pemantauan, dan 170 orang dalam proses pemantauan.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)