Bunga Bangkai Raflesia Ini Tumbuh di Halaman Markas Koramil

Rabu, 11 November 2020 - 18:37 WIB
loading...
Bunga Bangkai Raflesia Ini Tumbuh di Halaman Markas Koramil
Raflesia tumbuh liar di halaman Markas Koramil 1422-01 Lau di Kecamatan Lau Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (Foto/Okezone/Herman Amiruddin)
A A A
MAKASSAR - Dikira bangkai karena baunya menyengat, dua anggota TNI di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan menemukan bunga bangkai atau bunga raflesia .

Raflesia tumbuh liar di halaman Markas Koramil 1422-01 Lau di Kecamatan Lau Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Tanaman bunga bangkai jenis amorphophallus paeoniifolius tumbuh mekar ini menghebohkan seluruh anggota TNI yang ada di markas koramil. (BACA JUGA: Wow, Bunga Bangkai Tumbuh Mekar di Margahayu Majalengka)

Danramil 1422-01 Lau Maros, Mayor Yuliansah mengatakan bunga bangkai ini pertama kali ditemukan oleh dua orang petugas piket koramil yang awalnya mencium bau busuk yang begitu menyengat, namun tidak diketahui dari mana asalnya.

"Petugas piket menganggap bau menyengat itu merupakan bau dari tumpukan sampah di samping markas koramil," kata Yuliansah, Rabu (11/11/2020).

Keesokan harinya, kata Yulianasah, petugas piket lalu membersihkan pekarangan halaman tanaman apotik hidup. Namun saat akan membersihkan, aroma bau bangkai kembali tercium.

"Petugas piket koramil kemudian memangkas tanaman apotik dan membersihkan pekarangannya/ dan sontak anggota pun kaget saat mendapati tanaman bunga bangkai yang tumbuh mekar dengan diameter 30 CM diantara tanaman obat itu," jelas Yuliansah.

Setelah ditemukannya tanaman yang masuk kategori dilindungi tersebut, rencananya, bunga bangkai ini akan dirawat dan dijaga oleh personil koramil dengan membuat pagar agar tidak disentuh langsung oleh manusia.

"Recana kami akan merawat dan menjaga bunga ini agar bisa tetap tumbuh," ujar Yuliansah. (BACA JUGA: Warga Temukan Bunga Bangkai Tumbuh Mekar di Lereng Bukit Sulap)

Ke depannya bunga raflesia ini diharapkan dapat bertahan hidup lebih lama lagi. Pasalnya bunga bangkai adalah bunga langka dan populasinya sudah nyaris punah.

"Karena bunga bangkai ini banyak tumbuh di pulau sumatra dan pulai jawa bunga ini bisa tumbuh hingga 1,5 meter," ungkap Yuliansah.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3965 seconds (0.1#10.140)