Viral! Bunga Bangkai Setinggi 2,2 Meter Mekar di Kebun Karet Warga Musi Rawas

Rabu, 09 Agustus 2023 - 15:34 WIB
loading...
Viral! Bunga Bangkai Setinggi 2,2 Meter Mekar di Kebun Karet Warga Musi Rawas
Bunga bangkai yang memiliki nama latin Amorphophallus Titanum, ditemukan di kebun karet milik warga Desa Taba Remanik, Kecamatan Selangit, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, dengan tinggi mencapai 2,2 meter. Foto/MPI/Era Neizma Wedya
A A A
MUSI RAWAS - Warga di Desa Taba remanik, Kecamatan Selangit, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, digemparkan dengan penemuan bunga bangkai setinggi 2,2 meter. Bunga bangkai yang memiliki nama latin Amorphophallus Titanum tersebut, mekar di kebun karet milik warga.



Bunga bangkai tersebut, ditemukan pertama kali oleh warga bernama Aji Kosin. Saat itu, dia hendak pergi ke kebun untuk menyadap karet. Dia menyebut, awalnya bunga bangkai raksasa itu seperti bunga biasa, namun setelah itu terus tumbuh tinggi. "Lama-lama bunga itu tumbuh hingga setinggi 220 Cm, dan lebar 80 Cm," katanya.



Bunga bangkai tersebut, diakuinya sudah dua kali tumbuh di tempat yang sama dan ukurannya berbeda-beda. "Kalau bunga bangkai jenis ini sudah dua kali tumbuh di tempat ini, namun kali ini yang paling besar terletak di kebun karet milik warga," imbuh Aji Kosin.



Pada awalnya, Aji Kosin tidak mengetahui bahwa bunga bangkai tersebut langka. Dia baru mengetahui usai dirinya mengunggah foto bunga bangkai di jejaring media sosialnya, dan banyak yang berkomentar bahwa bunga raksasa itu spesies langka.

"Awalnya saya tidak tahu kalau bunga bangkai itu langka. Bahkan, saya baru tahu setelah mengunggah foto bunga bangkai itu di Facebook, dan banyak yang berkomentar bahwa bunga itu langka," ungkapnya.

Dia berharap, bunga bangkai raksasa itu dapat tumbuh terus dan lestari, sehingga Desa Taba Remanik bisa menjadi habitat bagi bunga bangkai tersebut. "Kami ingin bunga bangkai ini terus lestari dan tumbuh subur di desa kami," ungkapnya.



Bunga bangkai jenis Amophophallus titanum, atau sering disebut juga kibut, bunga bangkai raksasa, dan suweg raksasa ini, menjadi salah satu yang paling terkenal di Indonesia. Jenis ini merupakan yang paling terkenal, karena memiliki ukuran bunga terbesar mencapai tinggi 2,5 meter, dan lebar 1,5 meter.

Selain ukuran bunganya yang sangat besar, umbi bunga bangkai jenis Amophophallus titanum ini disebut-sebut ukurannya lebih besar dibandingkan tumbuhan keluarga Araceae lainnya. Amophophallus titanum, merupakan bunga endemik dan langka yang ditemukan di Pulau Sumatera.

Saat ini, bunga bangkai Amophophallus titanum terdaftar sebagai tanaman terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN), dengan perkiraan kurang dari 1.000 individu yang tersisa di alam liar.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)