Program Kotaku di Ela-Ela Jadi yang Pertama Diresmikan di Sulsel

Jum'at, 06 November 2020 - 23:10 WIB
loading...
Program Kotaku di Ela-Ela Jadi yang Pertama Diresmikan di Sulsel
AM Sukri Sappewali saat berada di Kelurahan Ela-Ela, lokasi pelaksanaan program Kotaku, Jumat (6/11/2020). Foto: SINDOnews/Eky Hendrawan
A A A
BULUKUMBA - Bupati Kabupaten Bulukumba , AM Sukri Sappewali meresmikan hasil kegiatan yang dilaksanakan program kota tanpa kumuh (Kotaku) di Kelurahan Ela-Ela, Kecamatan Ujung Bulu, tepatnya di lingkungan Ekadamai, Kamis (5/11/2020).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti tanda selesainya kegiatan program kotaku dengan anggaran Rp1 miliar berupa pembangunan rehabilitasi jalan paving block dan drainase , pembuatan sumur gali dan pembuatan taman serta penghijauan.

Program kotaku merupakan salah satu upaya strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di perkotaan, akses air minum layak, serta akses sanitasi layak.



Program kotaku dalam pelaksanaannya berbasis kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, masyarakat dan stakeholder lainya dengan menjadikan masyarakat dan pemerintah kabupaten sebagai pelaku utama.

Ketua Panitia Pelaksana, Rajamuddin menyampaikan, sebelum peresmian, pihaknya menyelenggarakan lomba kebersihan, lomba penghijauan, lomba foto dan lomba masak hasil tanaman pekarangan. Adapun pekerjaan fisik dilaksanakan secara swadaya oleh dua kelompok swadaya masyarakat (KSM) yaitu KSM Ujung Mujair dan KSM Berkah.

“Atas nama panitia, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam membantu kegiatan ini,” beber Rajamuddin.



Team Leader Kotaku Provinsi Sulawesi Selatan, Kalla Manta menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Bulukumba yang selama ini mendukung program kotaku . Kalla melanjutkan, dari 18 kelurahan di Sulawesi Selatan yang dapat anggaran kotaku, Kelurahan Ela-Ela jadi yang pertama melakukan peresmian dan paling tercepat kegiatannya selesai untuk tahun anggaran 2020.

“Begitu pula dari segi kualitas dan administrasi sangat luar biasa dari Kelurahan Ela-Ela,” puji Kalla.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4355 seconds (0.1#10.140)