Salatiga Terima Penghargaan WTP Keempat, Wali Kota Targetkan Raih Kembali

Kamis, 05 November 2020 - 23:02 WIB
loading...
Salatiga Terima Penghargaan WTP Keempat, Wali Kota Targetkan Raih Kembali
Wali Kota Salatiga Yuliyanto menunjukan piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan atas capaian opini WTP pada Laporan Keuangan Tahun 2019, Kamis (5/11/2020). Foto/IST
A A A
SALATIGA - Pemkot Salatiga untuk keempat kalinya secara berturut-turut menerima penghargaan atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Keuangan Tahun 2019. Apresiasi dari Kementerian Keuangan tersebut diberikan kepada Wali Kota Salatiga Yuliyanto melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Semarang II, Kamis (05/11/2020)

Yuliyanto mengatakan, opini WTP yang diterimanya tersebut menunjukkan kinerja Pemkot Salatiga taat azas, taat aturan dan good government yang akan berdampak positif bagi kepentingan masyarakat Salatiga. "Penghargaan WTP ke-4 ini merupakan bonus dari keseriusan semua OPD yang terlibat terkait pengelolaan akuntasi dan aset secara baik dan benar yang harus terus kita pertahankan," katanya. (Baca juga: Wali Kota Salatiga Ajak Masyarakat Tingkatkan Ketahanan Pangan )

Diakuinya, sebagaimana pesan Menteri Keuangan untuk mempertahankan prestasi, merupakan hal yang tidak mudah dan membutuhkan perjuangan serta proses yang panjang. Jika tidak disertai komitmen dan konsistensi yang tinggi maka apa yang sudah diraih selama empat kali berturut-turut tersebut akan hilang tereliminasi.

Karena itu, Yuliyanto mengajak seluruh ASN di Pemkot Salatiga untuk membiasakan diri selalu tertib dalam tata laksana akuntansi di setiap OPD. "Mudah-mudahan momen penyerahan WTP ke-4 ini menjadi kebiasaan tahunan dan menjadi penyemangat dalam melangkah ke depan yang lebih baik," tandasnya.

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Semarang II, Jumiarsih di depan Wali Kota, Sekda, beserta jajarannya, menuturkan bahwa WTP Laporan Keuangan Tahun 2019 tersebut sebenarnya sudah diserahkan secara simbolis oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani saat berlangsung Rakor Akuntansi Nasional, pada 22 September 2020 lalu secara virtual.(Baca juga: Wali Kota Salatiga Yakini ODF Ubah Perilaku BAB Sembarangan )

Pada kesempatan itu, Jumiarsih menyampaikan pesan bahwa Menteri Keuangan sangat mengapresiasi capaian opini WTP tersebut. Sebab, Salatiga termasuk satu di antara 89,3 persen kabupaten kota se-Indonesia yang memperoleh opini WTP, sedangkan masih ada 10,7 persen daerah masih belum mampu mencapainya.

WTP merupakan penghargaan paling tinggi yang diberikan oleh Menteri Keuangan, yang diharapkan bisa kembali diraih pada tahun berikutnya, atau lima tahun berturut-turut. Dengan demikian Salatiga tak hanya mendapatkan penghargaan opini WTP saja tetapi juga plakat dari Menteri Keuangan.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)