Kapolres Majalengka Kunjungi Pos Check Point Perbatasan Terjauh

Sabtu, 09 Mei 2020 - 04:49 WIB
loading...
Kapolres Majalengka Kunjungi Pos Check Point Perbatasan Terjauh
Kapolres Majalengka AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso mengunjungi Pos Check Point Perbatasan Terjauh di Kabupaten Majalengka, Kamis (07/5/2020).Foto/Istimewa.
A A A
MAJALENGKA - Kapolres Majalengka AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso didampingi pejabat utama Polres mengunjungi Pos Check Point Perbatasan Terjauh di Kabupaten Majalengka, Kamis (07/5/2020). Pos Check Point tersebut berada di perbatasan Majalengka-Kuningan, Majalengka-Ciamis, dan Majalengka-Sumedang wilayah Polsek Cikijing, Polsek Malausma, serta Polsek Lemahsugih Polres Majalengka.

Pengecekan dilakukan orang nomor satu di Polres Majalengka Polda Jawa Barat ini, guna mengecek kesiapsiagaan personel dalam melaksanakan tugas Pos Check Point dan Ops Ketupat Lodaya 2020.

“Operasi Ketupat digelar Polri setiap tahun sebagai upaya terpadu pengamanan mudik lebaran,” terang Bismo.

Namun untuk tahun ini, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan Indonesia tengah menghadapi pandemi Corona (COVID-19). “Sehingga sejumlah kebijakan langsung diambil untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas,” paparnya.

Menurutnya, Operasi Ketupat yang biasanya digelar menjelang lebaran hingga seminggu setelah lebaran, kini dimulai sejak hari pertama Ramadhan 2020 atau pada 24 April hingga 30 Mei mendatang. “Jadi, selama 37 hari,” urai Bismo.

Sementara itu Pos Check Point diperbatasan wilayah Kabupaten Majalengka juga difungsikan untuk pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sekaligus penyekatan kendaraan yang hendak mudik.

“Larangan mudik sudah tertuang dalam Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid–19,” ungkap Bismo.

Dengan adanya aturan itu, lanjutnya, masyarakat diimbau untuk menunda kegiatan mudik, setidaknya sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan. “Kami menghimbau warga untuk tidak mudik demi kebaikan bersama dalam memutus mata rantai penyebaran virus covid-19,” sambungnya.

Di akhir kunjungannya, Kapolres berpesan kepada petugas posko agar tetap semangat, jaga solidaritas antar instansi terkait dalam pelaksanaan tugas, dan layani masyarakat pengguna jalan dengan humanis.
(zil)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)