Kasus Positif Covid-19 di Jombang Bertambah, Terbaru Cluster Ponpes Temboro

Jum'at, 08 Mei 2020 - 21:15 WIB
loading...
Kasus Positif Covid-19 di Jombang Bertambah, Terbaru Cluster Ponpes Temboro
ilustrasi
A A A
JOMBANG - Jumlah pasien terinfeksi virus Corona di Kabupaten Jombang, terus bertambah. Total ada 10 orang yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Terbaru, berasal dari cluster Ponpes Temboro.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, Budi Winarno mengungkapkan, satu pasien positif terinfeksi virus Corona ini merupakan pemuda berusia 16 tahun. Ia berasal dari Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

"Hasil swab test keluar pukul 16.00 WIB sore tadi, dia dinyatakan positif Covid-19. Dia merupakan santri cluster (Ponpes) Temboro," kata Budi Winarno saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Jumat (8/5/2020) petang.

Sebelum dinyatakan positif terjangkit Covid-19, kata Budi, santri tersebut menjalani rapid test pada Rabu (29/4) lalu. Kala itu, ia baru pulang dari Ponpes Temboro di Magetan. Para santri ini kemudian menjalani rapid test di puskesmas setempat.

"Dari total 18 yang dilakukan rapid test, dua diantaranya hasilnya reaktif. Satu santri asal Kecamatan Tembelang, satu asal Kecamatan Diwek. Dari itu kemudian dilakukan swab test dan hasilnya hanya satu yang positif Covid-19," imbuhnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jombang ini menjelaskan, saat ini santri tersebut sudah menjalani isolasi di RSUD Ploso. Menurutnya, pasca hasil swab test keluar, Tim Gugus Tugas langsung menjemput pasien di lokasi karantina sementara.

"Setelah hasil rapid test reaktif, kemudian yang bersangkutan kami karantina di gedung sekolah dasar sambil menunggu hasil swab test. Karena dia tidak menunjukan gejala klinis, artinya masuk kategori orang tanpa gejala (OTG)," jelasnya.

Budi pun mengaku sudah melakukan tracing ke sejumlah orang yang berkontak langsung dengan santri tersebut. Yakni dengan melakukan rapid test. Hasilnya, tidak ada satupun kerabat atau keluarga pasien yang menunjukan hasil reaktif.

Dengan tambahan satu orang ini, jumlah pasien positif terinfeksi Covid-19 di Kota Santri menjadi 10 orang. Sebab, sehari sebelumnya, seorang tenaga kesehatan asal Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang juga dinyatakan positif terjangkit virus Corona.

"Iya, pasien positif Corona ke-9 berjenis kelamin laki-laki usia 35 tahun. Dia bekerja sebagai tenaga kesehatan di Surabaya. Kemarin, hasil swab test keluar dan dinyatakan positif Covid-19. Saat ini dirawat di RSUD Jombang," tandas Budi.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)