Salat Tarawih 8 Jam di Magetan, Dimulai usai Isyak Berakhir Menjelang Sahur

Senin, 10 April 2023 - 02:49 WIB
loading...
Salat Tarawih 8 Jam di Magetan, Dimulai usai Isyak Berakhir Menjelang Sahur
Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menggelar salat tarawih hingga delapan jam dengan bacaan 30 juz Al-Quran katam dalam waktu satu malam. Foto/iNews TV/Asfi Manar
A A A
MAGETAN - Selama bulan puasa Ramadan ini, ada yang unik di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro, Kecamatan Keras, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Mereka memiliki tradisi menggelar salat tarawih selama delapan jam. Salat tarawih tersebut dimulai usai salat isyak, hingga menjelang waktu sahur.



Salat tarawih selama delapan jam tersebut, diikuti oleh 10 kelompok jemaah atau majelis, dan ratusan santri Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Mereka menjalankan salat tarawih 20 rakaat, dan bacaan 30 juz Al-Qur'an katam dalam waktu satu malam.



Pengurus Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro, Ustaz Barlei Musaddad mengatakan, tradisi salat tarawih selama delapan jam ini sudah dilakukan selama 11 tahun terakhir. Tradisi ini selalu digelar di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro, selama bulan puasa Ramadan.



"Terdapat 10 majelis yang menerapkan salat tarawih 20 rakaat dengan pembacaan satu juz Al-Qur'an; lima juz; 10 juz; hingga 30 juz sesuai pilihan masing-masing jemaah. Untuk pembacaan satu juz Al-Qur'an, wajib diikuti para santri," terangnya.

Dari jumlah pembacaan Al-Qur'an tersebut, majelis yang membaca 30 juz Al Qur'an, merupakan yang paling lama menggelar salat tarawih, yakni selama delapan jam. Dalam pelaksanaannya, ada jeda untuk istirahat sekitar 10 menit setiap juz.

Salat Tarawih 8 Jam di Magetan, Dimulai usai Isyak Berakhir Menjelang Sahur


Dalam salat tarawih sebanyak 20 rakaat ini, terdapat 10 imam pilihan yang bisa bergantian hingga rakaat terakhir, dengan syarat wajib Hafidz Qur'an, fasih dalam bacaan, dan tajwidnya di atas rata-rata imam yang lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)