Kawasan Stadion Maguwoharjo Akan Dijadikan KEK Pariwisata

Minggu, 01 November 2020 - 05:13 WIB
loading...
Kawasan Stadion Maguwoharjo Akan Dijadikan KEK Pariwisata
Kawasan Stadion Maguwarjo yang akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata. Foto/Ist
A A A
SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman berencana menjadikan kawasan sekitar Stadion Maguwoharjo, Depok, sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Sleman bagian Timur.

Pembangunan KEK tersebut dalam tahap pembahasan dan proses kajian. KEK sendiri akan melibatkan dua wilayah yakni Kalurahan Maguwoharjo, Depok dan Wedomartani, Ngemplak. (Baca juga: Dua KEK Baru dengan Investasi Rp32,2 Triliun Disetujui )

Kepala Bidang Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT) Sleman Arjunandir mengatakan pembangunan KEK tersebut, sebagai solusi tidak diperbolehkannya mendirikan kawasan industri dengan keterbatasan ruang. (Baca juga: Sleman Dilanda Hujan Angin, Pohon Tumbang Timpa Atap Rumah )

Alasan memilih membangun KEK di wilayah Maguwoharjo dan Wedomartani karena sudah ada embrio di dua kalurahan tersebut. KEK akan diarahkan kepada KEK pariwisata.

"Di sana sudah embrio, yaiitu Jogja Bay, Stadion Maguwoharjo dan candi Gebang serta didukung embung Tambakboyo. Jadi sudah ada keramaian,” kata Arjunadir menjelaskan soal rencana pembangunan KEK Maguwoharjo, Sabtu (31/10/2020).

Arjunandir menjelaskan, untuk pembangunan sendiri sedang melakukan pembahasan dan kajian lebih lanjut. Termasuk harus menyiapkan peraturan desa karena menggunakan tanah kas desa. Ada juga tanah Kementerian Pertanian, yang perlu dibebaskan juga

“Selain membangun KEK di Sleman bagian timur, Pemkab Sleman juga telah menyiapkan pembagunan Zona Aneka Industri Terintegrasi yang ada di Sleman bagian barat, tepatnya di daerah Sidoagung, Godean,” kata dia.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)