Angin Kencang Terjang 11 Kecamatan di Bantul, 7 Rumah Rusak

loading...
Angin Kencang Terjang 11 Kecamatan di Bantul, 7 Rumah Rusak
Kendaraan melaju di tengah terjangan puting beliung di Srimartani, Piyungan, Bantul. Foto/Ist.
BANTUL - Hujan lebat disertai angin kencang, menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Bantul. Akibat peristiwa ini, ada tujuh rumah warga yang dilaporkan mengalami kerusakan. (Baca juga: Lewat Aplikasi Grab, Wanita Cantik di Bengkulu Bongkar Perselingkuhan Suami)

Bahkan beredar video angin kencang yang memporak-porandakan bangunan di sepanjang jalan Piyungan-Prambanan. Dalam video amatir terlihat banyak barang beterbangan seperti genteng dan atap galvalum.

Pengendara mobil, juga memperlambat laju kendaraannya saat melintas di jalur tersebut, akibat hujan lebat disertai angin kencang sangat membahayakan perjalanan mereka. (Baca juga: Jagad Maya Geger, Diduga Rombongan Moge Keroyok Warga di Bukittinggi)





Manajer Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD Bantul, Aka Luk Luk mengatakan, hujan disertai angin kencang terjadi di delapan kecamatan di Bantul. Di antaranya Kecamatan Sewon, Bantul, Kasihan, Banguntapan, Piyungan, Dlingo, Bambanglipuro dan Sanden.

"Ada 11 pohon tumbang di beberapa titik, gerakan tanah di satu lokasi, dan tujuh rumah rusak ringan akibat hujan disertai angin kencang," terangnya kepada wartawan, Jumat (30/10/2020) malam. (Baca juga: Sleman Dilanda Hujan Angin, Pohon Tumbang Timpa Atap Rumah)

Selain itu, juga dilaporkan akses jalan di tiga titik terputus akibat pohon tumbang, jaringan listrik enam titik mati, baliho rusak, kendaraan tertimpa pohon. "Malam ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) dan relawan wilayah masih melakukan pendataan dan penanganan," ujarnya.



Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Camat Piyungan, Roy Robert EB membenarkan video amatir yang menunjukkan angin kencang tersebut. Melihat lokasi, dia mengaku kejadian tersebut masuk wilayah Desa Srimartani. "Yang terparah di dua pedukuhan, yakni Pedukuhan Wanujoyo Kidul, dan Munggur. Untuk Wanujoyo Kidul diperkirakan 15-an pohon roboh," kata dia.

Ditambahkannya pohon yang tumbang akibatangin kencang di Wanujoyo Lor RT 3 mengenai garasi yang di dalamnya ada tiga truk, dan salah satunya tertimpa pohon. (Baca juga: Polres Buleleng Tangkap 10 Pemerkosa Siswi SMP, 7 Pelaku Ternyata Anak di Bawah Umur)
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top