Donor Darah Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Raih Dua Rekor Muri

loading...
Donor Darah Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Raih Dua Rekor Muri
Kolaborasi komunitas di wilayah Indonesia Timur berhasil meraih rekor Muri dari kegiatan donor darah.Foto/ist
SURABAYA - Ratusan komunitasdari 58 kota/kabupaten di Indonesia Timur mengisi peringatan Sumpah Pemuda dengan bakti sosial donor darah bertajuk "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri.

Kolaborasi komunitas ini menorehkan dua penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor Muri kedua merupakan donor darah oleh Karang Taruna (Kartar) terbanyak.

Program kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 Karta. Komunitas yang terlibat tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdvanture, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna di berbagai desa Indonesia Timur.

(Baca juga:Peringati Sumpah Pemuda, Komunitas Difabel Ramai-ramai Donor Darah)



Donor darah ini berlangsung selama periode 7-28 Oktober 2020 dan diproyeksikan akan melibatkan 10.648 pendonor. Pelaksanaan kegiatan tetap disiplin dan tegas menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yaitu menggunakan masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Kegiatan ini sekaligus menjadi kelanjutan dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi pada Hari Raya Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota yang terlibat. Ratusan komunitas itu melakukan penyembelihan 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing dengan lebih dari 5.000 kantong daging berhasil dibagikan ke masyarakat sekitar.

(Baca juga:Touring Perdana Komunitas Motor ke Bromo, Nikmati Nasi Aron Khas Tengger)



Gunawan Prasetyo, bapak Komunitas Indonesia Timur sekaligus perwakilan dari PT SCM menyampaikan ucapan terima kasih kepada para komunitas beserta ribuan anggotanya, PMI di 58 kota/kabupaten dan berbagai pihak yang membuat ide besar ini terwujud. Ia berharap sumbangan darah dari program "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top