Tak Terinfeksi, 5 Kerabat Pasien Positif Corona di Bone Dipulangkan

Jum'at, 08 Mei 2020 - 13:42 WIB
loading...
Tak Terinfeksi, 5 Kerabat Pasien Positif Corona di Bone Dipulangkan
Sebanyak lima kerabat pasien positif covid-19 di Bone dipulangkan ke rumah masing-masing setelah hasil uji swab mengkonfirmasi mereka negatif corona. Foto/Ilustrasi
A A A
BONE - Sebanyak lima anggota keluarga pasien positif virus corona alias covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Rumah Singgah Poltek Bajoe, Kabupaten Bone, Sulsel, dipastikan tidak terinfeksi virus ganas tersebut. Hal tersebut merujuk hasil tes swab dari BBLK Makassar yang keluar pada Kamis (7/5/2020) kemarin.

Kelima warga Bone yang dulunya berstatus orang dalam risiko (ODR) itu pun kini sudah dipulangkan ke rumahnya masing-masing. Mereka diketahui berasal dari Kecamatan Tellu Siattinge. Masing-masing yakni empat orang dari Desa Lamuru dan satu orang dari Desa Waji.



Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Kabupaten Bone, drg. Yusuf Tolo, menyampaikan hasil uji swab kelima kerabat pasien positif corona itu negatif covid-19. Olehnya itu, pihaknya memutuskan memulangkan mereka yang diketahui mulai menjalani isolasi mandiri sejak 26 April lalu.

“Sesuai dengan hasil tes swabnya dari BBLK Makassar yang kami peroleh dari Dinas Kesehatan Provinsi, ada lima orang keluarga pasien positif covid-19 dinyatakan tidak terkonfirmasi covid-19,” kata drg Yusuf.

“Kepada mereka yang sudah keluar hasil tes swabnya akan dikembalikan ke keluarga masing-masing karena tidak terbukti covid-19 dengan hasil tes swab negatif,” sambung dia.

Mereka sebelumnya dibawa ke Rumah Singgah untuk memastikan isolasi mandiri mereka berjalan dengan baik sehubungan dengan ada anggota keluarganya terkonfirmasi positif corona.

Baca Juga: Sulsel Deteksi 1.072 ODP Corona: Terbanyak di Bone, Lutim dan Makassar

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, dr Andi Khasma Padjalangi, meminta keluarga pasien covid-19 yang dinyatakan tidak terinfeksi virus ganas tersebut mesti menjadi garda terdepan dalam pencegahan covid-19.

“Seperti membatasi diri tidak keluar rumah tidak penting, tetap memakai masker dan menjaga jarak, jadi selama covid ini masih ada di negara kita semua harus mematuhi protokol kesehatan penanganan covid-19,” ucap Penanggung Jawab Rumah Singgah Poltek Bajoe itu.

Sejauh ini, Dinas Kesehatan Bone mencatat masih ada lima anggota keluarga pasien lainnya masih menjalani isolasi mandiri di Rumah Singgah sambil menunggu atau belum keluar hasil tes swabnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2545 seconds (0.1#10.140)