Hadapi La Nina, Bupati Sleman Minta Semua Elemen Siap Siaga

loading...
Hadapi La Nina, Bupati Sleman Minta Semua Elemen Siap Siaga
Bupati Sleman Sri Purnomo (tengah) meninjau peralatan BPBD Sleman hadapi fenomena La Nina di lapangan pemda Sleman, Senin (26/10/2020). Foto/SINDOnews/Priyo Setyawan
SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Slemanmenggelar Apel Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem di Lapangan Pemda Sleman, Senin (26/10/2020). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Kodim (Dandim) 0732 Sleman Letkol Inf Arief Wicaksana.

Bupati Sleman Sri Purnomo meminta seluruh elemen, termasuk masyarakat harus selalu siap dan siaga menghadapai fenomena La Nina. Sebab La Nina bukan hanya dapat mengakibatkan kenaikan intensitas hujan hingga 40%. Namun juga berpotensi menimbulkan bencana lain, seperti banjir dan tanah longsor. (Baca juga: Hadapi Dampak La Nina, BMKG Saran Optimalkan Tata Kelola Air)

“Masyarakat saya harap tetap tenang. Masyarakat juga harus mengamati di lingkungannya masing-masing. Kalau ada pohon yang sekiranya membahayakan, ya kita harap hati-hati,” kata Sri Purnomo dalam sambutannya, Senin (26/10/2020). (Baca juga: Bupati Sleman: Kualitas SDM Kunci Daya Saing Bidang Parekraf)

Dandim 0732/Sleman Letkol Inf Arief Wicaksana mengatakan, untuk antisipasi fenomena La Nina ini seluruh personel dan peralatan sudah disiapkan. Termasuk telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.



“Pemetaan daerah yang akan terdampak bencana juga telah dilakukan, sekaligus mempersiapkan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengatasi bencana tersebut,” kata dia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Joko Supriyanto mengatakan, selain pihaknya siap siaga 24 jam juga sudah mempersiapkan berbagai peralatan serta logistik yang diperlukan jika terjadi bencana. Termasuk ganti rugi untuk korban yang terdampak bencana nantinya.

“Masyarakat yang terdampak bencana, dia akan mendapat bantuan 80% dari nilai kerusakan. Kalau rusak berat, bantuannya bisa sampai Rp30 juta,” pungkas dia.
(nth)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top