Pandemi COVID-19, Ritual Adat Robo’-Robo’ 2020 Berlangsung Sederhana

loading...
Pandemi COVID-19, Ritual Adat Robo’-Robo’ 2020 Berlangsung Sederhana
Lantaran dalam situasi pandemi COVID-19, ritual adat Robo-robo di Kubu Raya digelar sederhana tapi tak mengurangi maknanya. Foto/INEWSTv/Faisal Abubakar
KUBU RAYA - Di tengah pandemi COVID-19 ini, ritual Robo’-Robo’, Rabu (14/10/2020) di halaman Masjid Jami' Khairusaadah Desa Kubu,di Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar), berlangsung sederhana.

Ritual adat yang dilaksanakan setiap tahun ini dihadiri masyarakat Kubu dan di luar Kecamatan Kubu. Tampak hadir Camat Kubu, Raja Kubu, Raja Tayan, Raja Simpang, Raja Kerta Mulya, Raja Ambawang, Sultan Sambas, Kepala KUA Kecamatan Kubu. (BACA JUGA:Gubernur Kalimantan Barat Beberkan Rancangan APBD 2021)

Kades se-Kecamatan Kubu, FKUB Kalbar, Ketua Majelis Agung Kerajaan Kubu, Ambawang, Kerta Mulya, para pengurus masjid, pemuka agama, majelis taklim, para pangeran kerajaan, sanak saudara Raja Kubu, dan masyarakat Kubu Raya. (BACA JUGA:Seharian Tak Pulang dan Enggan Menyusui, Istri Ditusuk Suami)

Panitia ritual adat Robo’-robo’ menyatakan, mengingat situasi pandemi COVID-19, acara ini dibuat sesederhana mungkin tanpa menghilangkan makna dari ritual tahunan tersebut. (BACA JUGA:Pedagang Pasar Siap Menangkan Sugianto Sabran di Pilgub Kalteng)



Camat Kubu Rustam Effendi mengatakan, ritual adat Robo’-robo’ bertujuan untuk mengenang jasa Raja Kubu 1 dalam menyiarkan agama Islam di Kecamatan Kubu.

“Kita patut bersyukur di tahun ini Robo’-robo’ bisa bersatu antara kegiatan Raja dan masyarakat. Perlu penataan kembali replika kerajaan Kubu sebagai pusat pariwisata di Kubu Raya selain makam Raja Kubu,” kata Rustam.

Meski sederhana, ritual adat Robo’-robo’ mendapat pengamanan dari kepolisian setempat dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kubu Raya agar acara berlangsung aman dan tertib serta tetap menerapkan protokol kesehatan.



Kapolsek Kubu Iptu Sallahudin melalui Kanit Intelkam Polsek Kubu Ipda Nanang mengatakan, pengunjung dan warga diimbau untuk tetap menjaga kamtibmas selama perayaan berlangsung.

”Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk tetap tertib dan saling menjaga satu dengan yang lainnya, sehingga ritual tahunan di kecamatan Kubu tetap berjalan dengan kondusif dan lancar,” ungkap Kanit Intelkam Polsek Kubu.
(awd)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top