Pjs Gubernur Kepri Segera Ajukan ke Pusat Agar Buka Wisata Lagoi untuk Wisman

Selasa, 13 Oktober 2020 - 22:22 WIB
loading...
Pjs Gubernur Kepri Segera Ajukan ke Pusat Agar Buka Wisata Lagoi untuk Wisman
Pjs Gub melihat hasil scan dari thermo scanner. Foto/Humas Pemprov Kepri
A A A
Penjabat sementara (pjs) Gubermur Kepulauan Riau (Kepri) Bahtiar Baharuddin memastikan akan mengusulkan ke Pemerintah Pusat agar kawasan wisata Lagoi, Bintan, Provinsi Kepri dibuka untuk kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Sebab, tidak ada alasan untuk melarang kunjungan wisman ke kawasan wisata di Bintan di masa pandemi COVID-19. Pasalnya, kawasan wisata Lagoi, Bintan ini zero insiden COVID-19. (BACA JUGA: Korpolairud Baharkam Polri Amankan 309 Hewan Dilindungi )

"Saya segera usulkan pengajuan agar Kawasan Wisata Lagoi, Bintan Provinsi Kepri segera di buka untuk kunjungan wisman," kata Bahtiar saat meninjau Pelabuhan Internasional Bandar Bintan Telani, Selasa (13/10/2020). (BACA JUGA: Perdagangan Orang Marak di Kepri, LPSK Ingatkan Soal Restitusi )

Bahtiar mengemukakan, saat ini Pemerintah Pusat akan membuka kunjungan wisman ke Kota Batam. Sehingga, tidak ada alasan bagi Pemerintah Pusat masih tetap menutup pintu masuk bagi wisman ke kawasan wisata Lagoi, Bintan ini. (BACA JUGA: Wanita Cantik Sembunyikan Sabu Dalam Bra Ditangkap di Hang Nadim )

"Kawasan Lagoi, Bintan hampir semua sudah sangat siap dalam mengantisipasi pencegahan dan penyebaran COVID-19, dan juga sarana prasarana protokol kesehatan diperlakukan dengan cara sangat ketat sejak di pintu kedatangan," ujar dia.

Bahtiar juga mengaku bangga dan memberikan apresiasi setingi-tinginya kepada pihak pemgelola kawasan wisata Lagoi, dimana setelah keliling dan melihat kawasan wisata Lagoi, Bintan yang sudah sangat siap dalam menyongsong kedatangan wisman dimasa pandemi Covid-19.

Jadi tidak ada alasan bagi siapapun yang mau datang dan berkunjung ke kawasan wisata Lagoi ini. Sebab, semua sudah terjamin dan sangat ketat penerapan protokol kesehatannya. "Bahkan pengelola wisata Lagoi akan memiliki alat PCR sendiri, untuk pengecekan apabila ada yang terindikasi Covid-19," ujar Bachtiar.

Dengan mewabahnya COVID-19 ini tutur Bahtiar, diakuinya kunjungan wisman dan lokal ke Lagoi turun sangat derastis. Tentunya kondisi ini memukul dunia pariwisata di Lagoi dan umumnya di Indonesia.

"Kunjungan wisman dan lokal ke Lagoi tahun 2019 lalu mencapai 1.272.509 orang. Namun kunjungan wisman dan lokal sejak awal tahun 2020 hingga saat ini hanya 163.541 orang saja," tutur Pjs Gubernur Kepri.

Dengan penurunan jumlah kunjungan wisman ini tentunya pendapatan asli daerah (PAD) baik Pemerintah Kabupaten Bintan dan Pemprov Kepri turun derastis. "Untuk itu kita akan usulkan pembukaan kunjungan wisman dan lokal ke Lagoi ini dan pastinya PAD akan mengikutinya," ungkap dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2073 seconds (0.1#10.140)