Ridwan Kamil Sebut Vaksin Impor untuk Tenaga Medis Tersedia Bulan Depan

Kamis, 08 Oktober 2020 - 04:29 WIB
loading...
Ridwan Kamil Sebut Vaksin Impor untuk Tenaga Medis Tersedia Bulan Depan
Ridwan Kamil Sebut Vaksin Impor untuk Tenaga Medis Tersedia Bulan Depan. Foto/Ist
A A A
BOGOR - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan bahwa ada dua jenis vaksin COVID-19 yang nantinya akan digunakan di Indonesia.

Keduanya yakni vaksin yang diimpor 100 persen dari luar negeri dan vaksin yang sedang berproses uji klinis oleh Biofarma di Bandung, Jabar.

Hal tersebut seperti diungkapkan Ridwan Kamil usai membuka Musyawarah Daerah XIV Gerakan Pramuka Jawa Barat di Bogor Raya Lakeside, Kota Bogor, Rabu 7 Oktober 2020.

“Hari ini saya selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Jawa Barat membuka acara Musda Pramuka Jabar ke-14. Yang kedua, saya hadir di Bodebek dari kemarin saya seharian berkantor di Depok, sekarang di Bogor semata-mata untuk terus meningkatkan dukungan kekuatan agar menurunkan situasi pandemi Covid di Bodebek khususnya,” ungkap Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Emil mengapresiasi semua kerja keras pemerintah daerah, khususnya di Kota Bogor dalam upaya penanganan COVID-19.

“Setiap ada zona merah, dukungan dari Jawa Barat berlipat-lipat. Dua Minggu lalu Cirebon merah, sekarang tidak karena resources, SDM kita gempur ke sana, ini juga sama. Bogor kita akan dukung berlipat-lipat di sini. Mudah-mudahan bisa terus menekan dan kita komitmen untuk selalu bersama dengan Jakarta dan Banten, di Jabodetabek ini agar satu irama dalam pengendalian,” jelasnya.

Salah satu dukungan Jawa Barat, kata dia, adalah peningkatan kapasitas rumah sakit supaya tetap dalam standar WHO di bawah 60 persen.

“Sekarang rata-rata di Bodebek sudah di atas 60 persen. Kita juga akan memberikan dukungan terkait ada kecenderungan risiko di klaster rumah itu 10 kali lipat lebih berbahaya. Maka isolasinya kalau rumahnya tidak memungkinkan kita akan tarik tinggal di fasilitas negara, gedung negara, bahkan hotel yang sedang kita siapkan. Mudah-mudahan dengan strategi ini bisa membantu,” terang dia.

Terkait vaksin, lanjut Emil, ada dua jenis yang akan digunakan nanti, yakni vaksin yang diimpor langsung dan vaksin yang diproduksi dari Biofarma. (Baca juga: 5 Pegawai RSUD Cideres Majalengka Positif COVID-19, 3 di Antaranya Nakes)

“Yang diimpor langsung menurut pemerintah pusat akan datang di bulan depan, fokus untuk tenaga kesehatan. Kalau yang diproduksi dalam negeri sedang dalam proses tes ketiga, seperti yang saya lakukan (jadi relawan vaksin). Baru Desember nanti keputusan berhasil atau tidaknya,” jelas Emil.

“Kalau hasil darah saya meningkat antibodi, maka berhasil. Maka Januari sudah bisa diproduksi. Dan nanti manajemennya sambil produksi, sambil memberi vaksin. Jadi sudah bisa disuntikkan untuk pihak-pihak tertentu di bulan Januari sampai akhir tahun 2021,” tambahnya. (Baca juga: Jabar Siapkan Crisis Center Atasi Gangguan Kejiwaan Akibat Pandemi)

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya sudah melakukan peninjauan ke Puskesmas Tanah Sareal di Jalan Kesehatan, Tanah Sareal, Kota Bogor, belum lama ini. Peninjauan ini dilakukan karena Puskesmas tersebut ditunjuk Kementerian Kesehatan sebagai salah satu titik vaksinasi.

“Jadi seperti diketahui Puskesmas Tanah Sareal ini dipilih menjadi salah satu lokasi pelaksanaan imunisasi vaksin COVID-19. Kami pastikan pertama tenaga kesehatan kita siap, sistem dan alur dari mulai datang sampai selesai juga siap,” ungkap Bima Arya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2239 seconds (0.1#10.140)