Perolehan Zakat Meningkat, Ridwan Kamil Bahagia: Banyak Orang Bertakwa di Jabar

Senin, 04 September 2023 - 12:16 WIB
loading...
Perolehan Zakat Meningkat, Ridwan Kamil Bahagia: Banyak Orang Bertakwa di Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri ESQ - Jabar Community Enlightment di Masjid Pusdai, Jalan Diponegoro Nomor 63, Kota Bandung, Senin (4/9/2023). Foto/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil menyatakan, jumlah orang yang bertakwa di Jawa Barat semakin meningkat. Hal itu dibuktikan dengan nilai zakat yang mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Ridwan Kamil mengaku, pihaknya menargetkan perolehan zakat di tahun 2022 hanya Rp1,6 triliun. Namun, realisasinya mencapai Rp3,2 triliun.

"Salah satu berita yang sangat bahagia adalah hari ini orang-orang yang bertakwa di Jawa Barat jumlahnya meningkat. Apa ukurannya? Target zakat kami hanya menargetkan 1,6 triliun di tahun 2022, terealisasi 2x lipat," ucap Ridwan Kamil saat menghadiri ESQ - Jabar Community Enlightment di Masjid Pusdai, Jalan Diponegoro Nomor 63, Kota Bandung, Senin (4/9/2023).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, melihat kondisi tersebut pihaknya pun kemudian menargetkan perolehan zakat di tahun 2023 Rp3,7 triliun dalam setahun.



Namun, baru 6 bulan berjalan, capaian zakat di Jawa Barat sudah mencapai Rp3,2 triliun di tahun 2023 ini.

"Saya targetkan lagi kalau gitu mah tahun ini Rp3,7 triliun 12 bulan, eh baru 6 bulan sudah Rp3,2 triliun," ungkapnya.

Berkat capaian tersebut, kata Kang Emil, Jawa Barat bisa membangun Klinik Pratama Inggit Garnasih untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi duafa dan mustahik zakat dengan layanan utama ramah lansia.

"Gara gara begini Pak Anang (Ketua BAZNAS Jawa Barat) dan tim bisa membuat klinik gratis buat para lansia namanya klinik inggit ganarsih," imbuhnya.

Selain Klinik Pratama Inggit Garnasih, pihaknya juga mendorong Baznas Jabar untuk membangun rumah sakit gratis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)