Jabar Siapkan Crisis Center Atasi Gangguan Kejiwaan Akibat Pandemi

Rabu, 07 Oktober 2020 - 21:10 WIB
loading...
A A A
Dalam webinar sekaligus untuk memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh pada 10 Oktober 2020 itu, Direktur Utama (Dirut) RSJ Jabar, Elly Marliyani mengungkapkan, terdapat peningkatan durasi penggunaan gawai selama pandemi.

Dia menjelaskan, berdasarkan penelitian RSCM FK UI April-Juni 2020 lalu, terjadi peningkatan waktu rata-rata penggunaan gawai hingga 11,6 jam per hari dan peningkatan kecanduan internet pada remaja 19,3%. Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan stres bagi orangtua maupun anak.

"Terbukti sejak pandemi, terjadi peningkatan kunjungan pasien gangguan cemas di RSJ sampai dengan September 2020 sebanyak 14 persen dibandingkan bulan yang sama pada tahun 2019," ungkapnya.

Elly juga menjelaskan, program KJOL diciptakan agar masyarakat bisa berkonsultasi langsung secara virtual dengan psikiater atau psikolog atau bisa screening terlebih dahulu melalui website seperti mengisi tes kuisioner SDS, kuisioner SCL, kesehatan jiwa, kecanduan gadget, deteksi dini bunuh diri, dan tes lainnya. "Sehingga, masyarakat diharapkan paham pentingnya kesehatan jiwa dan sadar sejak dini kesehatan jiwa adalah investasi," tandasnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2607 seconds (0.1#10.140)