Pemancing Hilang di Perairan Laut Siau, Tim SAR Masih Lakukan Pencarian

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 15:12 WIB
loading...
Pemancing Hilang di Perairan Laut Siau, Tim SAR Masih Lakukan Pencarian
Hingga hari kedua, tim SAR gabungan masih terus berusaha melakukan pencarian terhadap korban yang hilang. Foto/SAR
A A A
SITARO - Seorang nelayan Philip Wowompansing (56) dilaporkan hilang saat memancing di laut, Kamis (1/10/2020).

Kepala Basarnas Manado Suhri Noster Norbertus Sinaga menjelaskan saat menerima laporan tersebut pihaknya memerintahkan pos SAR Tahuna untuk merespons kejadian itu agar ditindaklanjuti dengan cepat.

“Koordinator pos Tahuna Steven langsung mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Setibanya di lokasi kejadian tim langsung berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk membuka akses dan menggali lokasi korban terakhir dilihat,” ujarnya, Jumat (2/10/2020).

Dijelaskan dia, pada hari kedua pencarian korban oleh tim SAR, perahu yang digunakan korban sudah ditemukan. Begitu juga sepatu dan sandal korban.

Penemuan tanda-tanda korban yang hilang tersebut terus ditelusuri untuk mencari keberadaan korban.

Tim Gabungan yang terdiri dari Basarnas, Polisi, TNI, BPBD, tim penyelam dan masyarakat setempat turut serta membantu pencarian korban. (Baca juga: One Health, Sinergi Berbagai Pihak untuk Sulut Bebas Rabies)

“Tim SAR gabungan di bagi beberapa tim, dan hari ini tim TNI Al menurunkan perahu karet dan tim penyelamnya untuk mambantu pencarian korban yang juga belum ditemukan,” jelasnya. (Baca juga: Pengawasan Orang Asing di Talaud Diperketat, Ini yang Dilakukan Imigrasi)

Sinaga mengimbau kepada tim yang terlibat di lokasi agar selalu mengingatkan tim satu dengan tim yang lain tentang safetynya sehingga pada saat pencarian tidak menimbulkan korban lagi.

“Tolong selalu jaga jarak apalagi di masa pandemi COVID-19, keselamatan rescuer atau tim SAR gabungan pada saat pencarian orang hilang harus diutamakan,” pungkasnya. Cahya Sumirat
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2136 seconds (0.1#10.140)