Awas! Tim Swab Hunter Dibentuk Berburu Pelanggar Prokes

loading...
Awas! Tim Swab Hunter Dibentuk Berburu Pelanggar Prokes
Tim Swab Hunter memburu para pelanggar protokol kesehatan dan langsung melakukan tes swab pada mereka. Foto/SINDONews/Aan Haryono
SURABAYA - Pemutusan penyebaran COVID-19 terus dilakukan secara masif. Tim khusus bernama Tim Swab Hunter pun disebar ke berbagai wilayah di Kota Pahlawan untuk mencari pelanggar protokol kesehatan (Prokes). Tim ini langsung membawa pelanggar dan dilakukan tes swab saat itu juga.

(Baca juga: BNN, Polisi, dan TNI Temukan 6 Hektare Ladang Ganja di Madina)

Tim Swab Hunter terdiri dari tiga pilar yakni personil dari kecamatan, Kapolsek, dan Danramil. "Mereka semua bersinergi menggelar razia protokol kesehatan di wilayahnya masing-masing. Apabila ditemukan warga yang melanggar, mereka langsung dikenakan sanksi dan langsung dibawa untuk menjalani tes swab pada saat yang bersamaan," kata Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto, Kamis (1/10/2020).

Ia melanjutkan, tim ini berawal dari evaluasi yang digelar bersama para camat se-Surabaya. Saat itu, wali kota memasifkan tes untuk melakukan deteksi dini warga-warga yang terpapar COVID-19. "Akhirnya, terbentuklah Tim Swab Hunter. Tim ini melakukan operasi Swab Hunter. Jika ditemukan ada yang melanggar langsung diswab," ucapnya.



Kepala BPB Linmas ini menambahkan, pada saat razia pagi hingga siang hari, jika ditemukan ada pelanggar, langsung dibawa ke puskesmas di wilayah tersebut dan langsung tes swab di puskesmas. (Baca juga: Tengah Malam Jet-jet Tempur TNI AU Bombardir Lumajang)

Sedangkan saat razia pada malam hari, jika ditemukan pelanggar, maka mereka akan dibawa ke beberapa titik lokasi swab yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kesehatan.

"Jadi kalau betul-betul melanggar selain penyitaan KTP juga dikenakan sanksi lain dan langsung di swab. Hingga kemarin malam, sedikitnya ada tiga kecamatan yang telah melaksanakan giat swab hunter," jelasnya.



Tiga kecamatan itu adalah Kecamatan Tambak Sari, Kecamatan Sawahan, dan Kecamatan Rungkut. Operasi ini akan terus masif dilakukan oleh Kecamatan-kecamatan se Surabaya. "Nanti semuanya akan menggelar operasi Swab Hunter ini," katanya.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top