Stafsus Presiden Kunjungi Gubernur Sumbar Bicarakan Penanganan COVID-19

Minggu, 27 September 2020 - 14:23 WIB
loading...
A A A
Gubernur Sumbar meyakini, Kalau semua dari segi pemerintah dan masyarakat bisa berjalan, COVID-19 bisa dikendalikan. Karena peluangan penyebarannya sangat kecil. Ditambah nantinya ada Perda yang akan membawa masyarakat untuk berperilaku disiplin mengikuti protokol kesehatan.

Billy Mambrasar dijamu oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat di kediamanya, di daerah Jatibaru, Kota Padang, Sumatera Barat, pada Sabtu (26/9/2020). Undangan tersebut didapatkannya setelah gubernur Mengetahui kedatangan Staf Khusus Presiden RI di Ranah Minang ini.

“Sudah lama saya ingin sekali melihat langsung keindahan bumi Minangkabau ini, dan alhamdulillah, Puji Tuhan, i saya berkesempatan datang dan mengunjungi langsung. Selain itu saya juga dijamu langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Kemarin saya juga berkesempatan menyambangi adik-adik Papua di Payakumbuh, dan mereka dijaga dan diperlakukan dengan baik sekali disana. Saya sangat berterimakasih atas keramah tamahan Masyarakat minang,” ujar Putra Papua ini dalam rilisnya.

Billy diketahui aktif mengunjungi dan memberikan mentoring kepada adik-adik Papua. Hal ini dilakukannya karena ketertarikannya terhadap dunia pendidikan. Sektor ini menjadi perhatiannya sejak lebih dari 10 tahun lalu.

“Saya sangat percaya dengan pendidikan merupakan kunci pembangunan sebuah Negara, provinsi, atau daerah. Karena pendidikan yang akan menciptakan manusia unggul, yang menjadi penggerak pembangunannya,” jelas Staf Khusus Presiden RI.

Dalam pertemuan terbatas dengan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno, Billy menjelaskan salah satu tupoksinya selain sebagai Staf Khusus Presiden RI, juga ditunjuk oleh Menteri Bappenas / PPN RI sejak tahun 2019, untuk menjadi Duta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia, atau yang sering disingkat sebagai Sustainable Development Goals (SDGs).

“Dalam penugasan saya ini, Pak Gubernur, saya bertanggung jawab juga berkeliling ke berbagai provinsi di Indonesia, untuk mengadvokasi agar semua pihak, baik pemerintah daerah, swasta, maupun masyarakat, untuk ikut andil dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut. Saya sangat salut, untuk pencapaian SDGs Provinsi Sumatera Barat, khususnya SDGs no 4 dan 8,” jelas Billy kepada gubernur.

Angka SDGs yang dimaksud Billy adalah Pendidikan Berkualitas dan Akses Pekerjaan serta Pertumbuhan Ekonomi. Secara Nasional, angka pencapaian Provinsi Sumatera Barat di Bidang Indeks Pembangunan Manusia yang berada pada angka 72.39% berdasarkan data BPS 2019, angkat tersebut jauh di atas angka rata-rata nasional yakni 71.92% dan Tren di Sumatera Barat terus naik, salah satu faktor pendorongnya adalah akses pendidikan Berkualitas. Selain itu, walaupun masih berada di kisaran 5%, angka pengangguran Provinsi Sumatera Barat masih di atas beberapa provinsi Lain, jadi pencapaian di kedua tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut tersebut terbilang cukup baik dan terus membaik Kedua angka tersebut juga merupakan prioritas yang diadvokasi Billy dalam bidang kerjanya.

“Saya berharap, saya akan terus kemari Pak Gubernur, dan saya berharap juga, dapat bermitra dan berkolaborasi dengan Pak Gubernur untuk pencapaian angka SDGs yang lebih masif lagi. Seperti Bapak tahu, secara Nasional angka kita masih rendah, dan apabila semua Provinsi bekerja lebih giat lagi, mencapai angka yang lebih tinggi, Niscaya, kita akan naik skor kita secara global," ujar Billy.

Billy juga memberikan apresiasi mendalam atas kerja keras gubernur dan jajarannya dalam menekan laju penyebaran COVID-19 di Provinsi ini. Billy mengatakan, kerja keras seperti ini yang dapat membantu Presiden dalam Prioritas penanganan virus ini, dan menjaga agar negara tetap bisa bergerak maju dan membangun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)