APBD Defisit Rp1 T, Ini yang Dilakukan Bupati Bandung Barat

Jum'at, 25 September 2020 - 07:10 WIB
loading...
APBD Defisit Rp1 T, Ini yang Dilakukan Bupati Bandung Barat
Proyeksi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) 2021 mengalami defisit sekitar Rp1 triliun. Foto/Ilustrasi
A A A
BANDUNG BARAT - Proyeksi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ) Kabupaten Bandung Barat (KBB) 2021 mengalami defisit sekitar Rp1 triliun. Angka tersebut berdasarkan proyeksi dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) yang diajukan eksekutif.

"Itu baru ajuan dan defisitnya sangat besar, Rp1 triliun. Nanti akan dibahas di Badan Anggaran dan semoga bisa ditekan," terang anggota Banggar DPRD KBB Iwan Setiawan, Kamis (24/9/2020). (Baca juga: Janda Cantik Tewas Digorok, Ternyata Karena Cemburu dan WIL )

Disebutkannya, defisit APBD sampai Rp1 triliun menjadi yang terbesar karena selama ini besaran defisit biasanya berkisar Rp250 miliar sampai Rp350 miliar. Besarnya angka defisif itu karena proyeksi belanjanya terlalu tinggi karena banyak program, sementara di sisi lain potensi pendapatannya berkurang.

"Itu bisa saja karena dampak dari pandemi COVID-19 yang berlangsung hampir sepanjang tahun ini," imbuhnya. (Baca juga: Simpan Sabu di Mobil, Sekretaris Partai Gerindra Dibekuk Polisi )

Hal yang bisa dilakukan dalam mengatasi persoalan itu, lanjut dia, dengan menyeleksi setiap program prioritas yang diutamakan sesuai dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Cara lainnya adalah menutup defisit dengan sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa). Konsekuensinya adalah mengefisiensikan proyeksi belanja agar angka defisit APBD tidak terlampau tinggi. (Baca juga: Awalnya Berniat Ziarah, Warga Bantul Ini Justru Nekat Curi Mobil )

Terkait angka defisit yang sangat besar, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna akan mengambil sejumlah langkah strategis dalam menekan defisit APBD . Salah satunya dengan mencoret anggaran yang dipandang kegiatannya bisa ditunda.

Pihaknya juga akan menerapkan skala prioritas penggunaan anggaran, hanya akan mempertahankan program kegiatan yang dianggap penting. "Kalau program kegiatannya bisa ditunda, ya kita coret. Melalui efisiensi anggaran diharapkan bisa menekan defisit," imbuhnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)