Alami Kecelakaan Seusai Beraksi, 1 Begal Ditangkap saat Dirawat di RS

Senin, 21 September 2020 - 13:39 WIB
loading...
Alami Kecelakaan Seusai Beraksi, 1 Begal Ditangkap saat Dirawat di RS
Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - M Ridwan Sidik alias Iban (20), pelaku begal ditangkap saat dalam perawatan di Rumah Sakit Al Islam, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung , Jawa Barat. Pelaku dirawat lantaran mengalami luka akibat kecelakaan lalu lintas, terjatuh dari motor seusai membegal di kawasan Jalan Batununggal.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, saat sedang dirawat, telepon seluler (ponsel) yang dibawa pelaku, alias Iban warga Kampung Ciganitri RT 02/06, Kelurahan Cipagalo, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung ini, berdering. Saat diangkat oleh petugas medis, ternyata yang menelepon adalah korban pembegalan. (BACA JUGA: Soal Isu Bandung Ditutup, Kapolrestabes Bandung: Hoaks Itu! )

Tentu saja, kesempatan itu dimanfaatkan korban untuk memberitahukan keberadaaan pelaku ke polisi. Tanpa kesulitan sedikitpun, polisi lalu meringkus tersangka M Ridwan Sidik alias Iban di RS Al Islam. (BISA DIKLIK: Siapa Bilang Pemprov Jabar Larang Warga Jakarta Plesiran ke Tanah Pasundan )

Kasubbag Humas Polrestabes Bandung AKP Rahayu Mustikaningsih mengatakan, aksi pembegalan terhadap korban Muhamad Sopyan (22) dan Riska Fitriani (18) yang dilakukan pelaku M Ridwan terjadi di Jalan Batununggal, Kota Bandung pada Sabtu 12 September 2020 sekitar pukul 22.30 WIB. (BOLEH DIKLIK: Belasan Ribu Orang Langgar Prokes, Pantas Kasus COVID-19 di Cirebon Tinggi )

Setelah beraksi merampas ponsel, motor, dan uang korban, bandit jalan itu melarikan diri ke arah Jalan Logam, Buahbatu, Kota Bandung. Namun di tengah perjalanan, pelaku mengalami kecelakaan lalu lintas. "Warga sekitar kemudian menolong dan mengantarkan pelaku ke RS Al Islam karena tidak tahu dia pelaku curas," kata Kasubbag Humas.

AKP Rahayu mengemukakan, pelaku merupakan residivis kasus penganiayaan yang baru keluar dari lembaga pemasyarakatan (lapas) pada Juli 2020 lalu. Dalam melakukan aksi kejahatannya, tersangka M Ridwan cukup sadis.

Pelaku M Ridwan, ujar AKP Rahayu, selalu membawa senjata tajam dan tak segan melukai korban-korbannya. Aksi terakhir di Jalan Batununggal, pelaku M Ridwan merampas sepeda motor, dua ponsel, dan uang ratusan ribu rupiah.

Bahkan, pelaku melukai korban karena melawan. "Beruntung korbannya hanya mengalami luka goresan akibat sabetan senjata tajam pelaku," ujar AKP Rahayu.

Kasubbag Humas menuturkan, korban lalu melapor ke Polsek Buahbatu. Kemudian korban M Sopyan mencoba menghubungi ponselnya yang dirampas pelaku M Sopyan dan ternyata masih aktif.

"Dari situ diketahui pelaku tengah dirawat di RS Al Islam akibat kecelakaan lalu lintas. Petugas Polsek Buahbatu pun langsung menjemput pelaku di rumah sakit untuk diamankan" tutur Kasubbag Humas.

Alami Kecelakaan Seusai Beraksi, 1 Begal Ditangkap saat Dirawat di RS

Motor korban berhasil diamankan petugas. Foto/Polsek Buahbatu

Selain menangkap tersangka M Ridwan Sidik alias Iban, petugas Unit Reskrim Polsek Buahbatu juga mengamankan sepeda motor Yamaha Mio GT D 2497 MF, uang Rp340.000, dan dua unit ponsel milik korban, serta sebilah pisau milik pelaku.

Saat ini, ujar AKP Rahayu, pelaku telah ditahan di Polsek Buahbatu, Kota Bandung. Kondisi pelaku pun sudah membaik, setelah sebelumnya dilakukan pemindahan dari RS Al Islam ke RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung. Saat ini polisi masih memburu pelaku lain yang kabur.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)