Cegah Penyebaran Corona, 10 Warga Perantauan Diperiksa Ketat di Kota Gorontalo

Rabu, 15 April 2020 - 11:43 WIB
loading...
Cegah Penyebaran Corona, 10 Warga Perantauan Diperiksa Ketat di Kota Gorontalo
Kelurahan Lekobalo bersama aparat TNI, Polri, petugas kesehatan dan petugas Terminal Dungingi memeriksa ketat masyarakat Gorontalo dari perantauan, Sabtu (11/4/20).
A A A
KOTA GORONTALO - Antisipasi dini terhadap penyebaran wabah Covid 19 terus dilakukan oleh aparat di lingkup Pemerintah Kota Gorontalo. Pemerintah Kelurahan Lekobalo bersama aparat TNI, Polri, petugas kesehatan dan petugas Terminal Dungingi melakukan pemeriksaan ketat terhadap masyarakat Gorontalo dari perantauan, Sabtu (11/4/20) di Terminal Dungingi.

Santi Mohamad, Lurah Lekobalo, menjelaskan, dari informasi yang diperoleh ada sekitar 40 masyarakat merupakan pekerja di daerah Kalimantan. Dengan menggunakan jalur laut dan darat, mereka menuju ke Gorontalo. Sebagian dari mereka turun di Terminal Isimu Kabupaten Gorontalo, dan melanjutkna perjalanan ke Bitung, Manado dan Kotamobagu.

“Dari total 40 orang ini, hanya 10 orang asal Provinsi Gorontalo. Diantaranya, empat orang ke Kelurahan Lekobalo karena orang tua mereka tinggal sementara di kelurahan tersebut, namun asal mereka dari Batuda’a Pantai. Sisanya empat orang lagi, merupakan masyarakat asal Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Sementara dua warga lain, asal Kotamobagu tetapi masih tinggal dengan keluarga mereka di Kecamatan Tilango,” ujar Santi.

Guna mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan, termasuk keresahan masyarakat Kelurahan Lekobalo. Pihak Kelurahan Lekobalo berkoordinasi dengan aparat hukum TNI dan Polri, tim kesehatan dan petugas Terminal Dungingi, melakukan pemeriksaan terhadap para perantauan ini. Selain kesehatan mereka yang diperiksa, barang bawaan mereka pun turut dilakukan pemeriksaan oleh aparat hukum.

“Hasil pemeriksaan di Posko yang ada di Terminal Dungingi, suhu temperatur mereka 36.6 derajat celcius. Bahkan barang bawaan mereka kami lakukan pemeriksaan,” terang Santi.

“Dari hasil koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorotalo, enam orang lain yang menuju ke Kabupaten Gorontalo, akan dilakukan rapid test oleh petugas kesehatan Kabgor, dan mereka akan dikumpulkan di Sport Center David Tony,” tutup Santi.
(ar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)