Satu Balon Pilkada Trenggalek Positif COVID-19, Tahapan Pilkada Ditunda

Minggu, 13 September 2020 - 04:11 WIB
loading...
Satu Balon Pilkada Trenggalek Positif COVID-19, Tahapan Pilkada Ditunda
Satu orang peserta pilkada Kabupaten Trenggalek terkonfirmasi positif COVID-19 yang akibatnya yang bersangkutan harus menunda tahapan pilkada. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
TRENGGALEK - Satu orang peserta pilkada Kabupaten Trenggalek terkonfirmasi positif COVID-19. Akibatnya yang bersangkutan harus menunda tahapan pilkada

Konfirmasi positif COVID-19 tersebut diketahui saat hendak menjalani tes kesehatan di RSAL Surabaya 7 September. "Yang bersangkutan positif COVID-19. Tapi secara fisik sehat," ujar Ketua KPU Kabupaten Trenggalek Gembong Hadi Sabtu (12/9/2020).

Gembong enggan menyebut identitas siapa satu orang yang telah terkonfirmasi positif COVID-19 itu. Apakah bakal calon bupati atau bakal calon wakil bupati.

Sementara Pilkada Trenggalek 2020 dipastikan diikuti dua pasangan bakal calon yang resmi mendaftar di KPU setempat 4 September lalu.

Kedua pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati tersebut, yakni pasangan petahana Mochamad Nur Arifin-Muhammad Syah Natanegara yang diusung PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PAN, Partai Gerindra, Partai Golkar, PPP dan Hanura.

Sedangkan penantangnya, yakni pasangan Alfa Riyanto-Zaenal Fanani diusung Partai Kebangkitan Bangsa.

Dalam proses pendaftaran di KPU, Gembong mengakui yang bersangkutan (bakal calon positif COVID-19) memang tidak menunjukkan hasil swab test dengan alasan belum keluar.

Yang bersangkutan hanya menyerahkan hasil rapid test non reaktif. "Karena ada penggantinya rapid test, kami terima," terang Gembong.

Swab test dengan hasil positif COVID-19 keluar 7 September tengah malam. Hasil swab test tersebut merupakan yang kedua setelah swab test sebelumnya tidak terbaca. "Swab tidak satu kali. Swab yang pertama tidak bisa dibaca dan swab lagi dan positif," terang Gembong.

Begitu dinyatakan positif, yang bersangkutan langsung diminta melakukan isolasi dan telah dilakukan di luar Trenggalek.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)