MCCC Surabaya Minta KPU Umumkan Hasil Tes Swab Dua Bapaslon

Jum'at, 11 September 2020 - 01:29 WIB
loading...
MCCC Surabaya Minta KPU Umumkan Hasil Tes Swab Dua Bapaslon
Foto ilustrsi
A A A
SURABAYA - Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) Surabaya meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya segera mengumumkan hasil swab dua bakal pasangan calon (bapaslon) wali kota Surabaya secara terbuka dan transparan.

Beberapa waktu yang lalu dua pasangan bakal calon wali kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman dan Eri Cahyadi- Armuji melakukan tes swab COVID-19 oleh KPU Surabaya di RSUD Soetomo. Keterbukaan ini penting karena menyangkut keselamatan dari beberapa masyarakat yang sebelumnya berinteraksi dengan bakal calon tersebut.

Jika positif COVID-19, diminta agar menyampaikan beberapa kegiatan sebelumnya. Sehingga dinas kesehatan atau pihak rumah sakit bisa mengadakan tracing," kata Ketua MCCC Kota Surabaya, M Arif An, Kamis (10/9/2020). (Baca: Tes Kesehatan Machfud Arifin-Mujiaman Ditunda, PDIP Minta KPU Transparan)

Arif An menambahkan, Pilwali Surabaya sangat penting. Namun yang lebih penting adalah keselamatan jiwa masyarakat. Untuk itu, pihaknya akan mengawal proses elektoral di Surabaya apakah sesuai dengan protokol kesehatan atau tidak.

"Kami juga menyayangkan dalam proses pendaftaran di KPU kedua pasangan bakal calon tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Sehingga kerumunan massa tidak terhindarkan," terangnya.

MCCC Surabaya, kata dia, sejak awal pandemi COVID-19 terus melakukan aksi kepedulian. Untuk itu, para pasangan calon wali kota dan para pendukungnya harus disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Sebab, keteladanan ini akan menjadi simpati bagi warga Kota Surabaya.

"Kami juga berharap KPU Kota Surabaya bersinergi dengan relawan pendisiplinan protokol kesehatan dan instansi terkait untuk aktif melakukan sosialisasi dan edukasi, agar tidak terjadi klaster-klaster COVID-19 baru di Kota Surabaya,” tandas Arif An. (Baca: Calon Wali Kota Surabaya Ini Ajak Warga Tanggap terhadap Gejala Corona)

Sebelumnya, Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Hukum Suprayitno menyebut, salah satu bakal calon peserta Pilwali Surabaya 2020 terinfeksi COVID-19 berdasarkan hasil swab test yang dilaksanakan di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Namun dia tidak bersedia mengungkap apakah yang positif COVID-19 itu dari bakal paslon Machfud Arifin-Mujiaman atau Eri Cahyadi-Armuji.

“Hari ini kami (KPU Surabaya) baru menerima surat hasil swab test dari RSUD Soetomo. Jika menilik surat itu, salah satu bakal pasangan calon positif COVID-19. Saya bisa menyebut siapa yang positif COVID-19. Saya juga tidak bisa menyebut gejala apa saja. Soal gejala apakah OTG (orang tanpa gejala) atau tidak, itu sudah ranah dokter yang menangani,” kata Soeprayitno, Rabu (9/9/2020).
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4024 seconds (0.1#10.140)