Pacu Pembangunan Infrastruktur Jalan yang Merata di Daerah

Sabtu, 05 September 2020 - 06:00 WIB
loading...
Pacu Pembangunan Infrastruktur Jalan yang Merata di Daerah
Gubernur-Wakil Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS). Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Kepemimpinan Gubernur-Wakil Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) genap memasuki dua tahun sejak dilantik Presiden RI Joko Widodo di Istana Jakarta pada 5 September 2018 lalu. Baca : Terbang Perdana, Wings Air Mendarat Mulus di Bandara Buntu Kunik

Selama memimpin, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengaku memacu program strategis untuk pembangunan Sulsel, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur jalan yang merata di tiap daerah.

Dimulai dengan membuka akses jalan terisolir di wilayah Seko. Kemudian adapula pembangunan akses jalan Rantepao-Bua. "Tentu kita bekerja keras. Untuk menghadirkan seluruh kebutuhan masyarakat baik kebutuhan dasar maupun kebutuhan menjalankan roda perekonomian mereka," ungkap gubernur kepada SINDOnews.

Tidak hanya memperbaiki akses darat, jalur transportasi darat hingga laut pun demikian. Dengan adanya pembangunan Bandar Udara Toraja misalnya, waktu tempuh antar daerah jadi lebuh mudah. Pembangunan Bandara Udara Toraja dikatakan akan mendorong percepatan ekonomi tiap daerah. Apalagi Toraja, adalah daerah tujuan wisata.

Pemprov Sulsel tidak berjalan sendiri. Program pembangunan dikolaborasikan dengan kabupaten/kota hingga pemerintah pusat. Langkah ini memberikan dampak pada percepatan pembangunan di daerah. Baca Juga : Gubernur Siapkan Formulir Pemecatan untuk ASN yang Terlibat Politik Praktis

Nurdin sadar betul, kemampuan fiskal di daerah terbatas, ditengah beban program pembangunan yang dituntut untuk segera terwujud. Makanya, Pemprov Sulsel tiap tahun memberikan bantuan keuangan daerah di tiap kabupaten/kota.

Dengan bantuan keuangan daerah, banyak hal yang akhirnya bisa dilakukan untuk menata kota, mempercantik kawasan wisata, hingga mengembangkan akses jalan. "Tahun depan kita hadirkan lagi terminal penyeberangan Bira yang dibuat lebih modern ini," ujarnya.

Selain pengembangan infratsruktur jalan, Nurdin menuturkan dalam waktu dekat beberapa proyek strategis akan mulai dibangun. Rencana pembangunan Stadion Mattoanging akan dimulai groundbreaking Oktober tahun ini.

Selain itu, dicanangkan pembangunan twin tower di kawasan Center Point of Indonesia (CPI). Proyek inipun dimulai tahun ini, yang digadang-gadang akan menjadi ikon baru Sulsel. Menyusul revitalisasi Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar.

Mantan bupati Bantaeng dua periode ini juga membeberkan, proyek rest area pun sementara dibangun di Kabupaten Jeneponto dan Sidrap. Dua proyek ini diklaim akan menggerakkan perekonomian masyarakat di daerah tersebut. Tahun ini ditarget rampung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)