Liburan ke Danau Toba, Raja dan Ratu Belanda Bakal Kunjungi Bukit Singgolom

Kamis, 05 Maret 2020 - 09:55 WIB
Liburan ke Danau Toba, Raja dan Ratu Belanda Bakal Kunjungi Bukit Singgolom
Liburan ke Danau Toba, Raja dan Ratu Belanda Bakal Kunjungi Bukit Singgolom
A A A
SIMALUNGUN - Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima bakal liburan ke Danau Toba , Simalungun, Sumatera Utara pada Jumat (13/3/2020) mendatang. Bukit Singgolom merupakan salah satu tempat yang akan dikunjungi.

Terkait hal tersebut, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Wishnutama Kusubandio melakukan peninjauan persiapan dalam menyambut kedatangan Raja dan Ratu Belanda.
(Baca juga: Festival 1.000 Tenda Kaldera Danau Toba Sedot Ribuan Pengunjung)

Kunjungan kerja difokuskan di Kabupaten Toba (sebelumnya bernama Toba Samosir). Sejumlah lokasi pembangunan indrastruktur dan destinasi ditinjau. Sebelumnya, mereka juga menggelar rapat koordinasi lintas kementerian di Kampus IT Del, Toba, membahas soal pengembangan Danau Toba.

Sejumlah isu pun dibahas dalam rapat. Mulai dari penambahan desa wisata hingga pengelolaan sampah. Termasuk soal kunjungan Kerajaan Belanda. Usai rapat, rombongan memilih untuk mendatangi ke proyek pembangunan Pelabuhan Penyebrangan Balige. Luhut ingin proyek itu rampung tepat waktu. Supaya bisa memaksimalkan pelayanan untuk wisatawan yang akan datang ke Danau Toba.

Kemudian rombongan bergerak ke Bukit Singgolom di Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba. Bukit Singgolom menjadi salah satu destinasi yang dituju Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima. Di sana, Raja dan Ratu Belanda akan menikmati panorama Danau Toba. Singgolom memang menjadi destinasi yang dianggap paling tepat untuk menikmati panorama Danau Toba. Nantinya, Raja beserta rombongan akan melakukan sesi foto di Singgolom. Menjadi satu promosi yang bagus untuk pariwisata Toba.

Selanjutnya Luhut dan Wishnutama bertolak ke Dusun Siambat Dalan Desa Lintong Nihuta Kecamatan Tampaham. Di sana mereka meninjau rumah adat yang sudah berusia ratusan tahun. Tempat ini juga akan didatangi Ratu dan Raja Belanda.

"Kunjungan ini merupakan undangan dari Presiden Joko Widodo dan kunjungan pertama mereka dalam 25 tahun terakhir. Pada tanggal 13 Maret Raja dan Ratu dijadwalkan berkunjung ke kawasan wisata Danau Toba seharian. Karena itu kami juga melakukan koordinasi persiapan kunjungan tersebut," terang Menko Luhut di Danau Toba, Rabu (4/3/2020).

Dalam peninjauan itu, Luhut memberikan beberapa catatan. Selain sarana prasarana amenitas seperti toilet dan lainnya, Luhut meminta supaya Bukit Singgolom juga dilengkapi informasi tentang destinasi. Khususnya narasi yang berisi informasi terkait kebudayaan. "Kita butuh narasi itu. Supaya wisatawan itu mendapatkan informasi tentang destinasi," kata Luhut.

Wishnutama juga menekankan soal pentingnya narasi itu. Dia membandingkan dengan destinasi di sejumlah negara lain di mana pemerintah setempatnya memberikan narasi yang baik untuk destinasi wisata di sana.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7329 seconds (0.1#10.140)