Tingkatkan Kemampuan Personil, Polres Salatiga Latihan Sispam Mako

Jum'at, 04 September 2020 - 14:50 WIB
loading...
Tingkatkan Kemampuan Personil, Polres Salatiga Latihan Sispam Mako
Sejumlah personil Polres Salatiga saat latihan sistem pengamanan markas komando, Jumat (4/9/2030). Foto/IST
A A A
SALATIGA - Polres Salatiga menggelar latihan sistem pengamanan markas komando (Sispam Mako), Jumat (4/9/2020). Ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kewaspadaan anggota dalam mengantisipasi setiap kerawanan, termasuk penyerangan terhadap Mako Polres Salatiga.

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, dengan adanya latihan Sispam Mako ini, personil diharapkan paham bagaimana harus bersikap dan bertindak serta senantiasa siap siaga, "Anggota harus memahami perannya. Harus dimana , berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa harus paham," kata Kapolres. (Baca: Polres Salatiga Gelar Simulasi Pengamanan Hasil Pemilu)

Kabag Ops Polres Salatiga Kompol Budi Fajar Yuwono mengatakan, dalam pelaksanaan latihan Sispam Mako, semua anggota wajib mentaati protokol kesehatan untuk mencegah persebaran COVID-19. "Dalam melaksanakan kegiatan apapun, termasuk latihan Sispam Mako ini, anggota saya monta bersungguh-sungguh dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19," ucapnya.

Sementara itu, latihan diawali dengan raungan sura sirene atau alarm disertai pemukulan lonceng yang lakukan oleh personil Propam dan SPKT. Itu sebagai tanda panggilan luar biasa atau alarm stelling kepada jajaran tentang isyarat adanya ancaman keamanan Mako Polres Salatiga yang harus segera dilaksanakan langkah diantisipasi yaitu dengan Sispam Mako.

Begitu tanda bahaya dibunyikan, para anggota langsung langsung bergerak menuju ke lokasi masing-masing sesuai ploting yang telah ditentukan dan sesuai dengan perannya. (Baca: Pandemi COVID-19, Hafidz-Hanies Pakai Jurus Deklarasi Virtual di Pilkada Rembang)

Dilokasi yang telah ditentukan juga sudah ditempatkan petembak jitu atau snipernyabg bersiaga mengambil tempat titik strategis di sekitar Gedung Mapolres Salatiga yang dilapisi dengan personil Sat Sabhara, paran Peraonil dari seluruh Bagian dan Satuan langsung bersiaga di seluruh lingkungan Mapolres Salatiga sesuai dengan ploting yang telah ditentukan.

Setelah situasi dapat dikendalikan dan ancaman terhadap keamanan Mako dapat dinetralisir, segera dibunyikan alarm sebagai tanda situasi aman dan kondusif dan seluruh personil melaksanakan apel konsolidasi yang langsung dipimpin Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)