165 Titik PJU Sudah Gunakan Sistem Lampu Pintar

Kamis, 20 Februari 2020 - 13:33 WIB
165 Titik PJU Sudah Gunakan Sistem Lampu Pintar
165 Titik PJU Sudah Gunakan Sistem Lampu Pintar
A A A
PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru menyatakan, hingga kini sudah terdapat sebanyak 165 titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang menggunakan sistem lampu pintar atau smart lighting.

"100 titik terdapat di Jalan Jenderal Sudirman mulai dari simpang bandara sampai fly over simpang Imam Munandar. Kemudian 65 titik lagi di perkantoran walikota di Tenayan Raya," ungkap Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso, Kamis (20/2/2020).

Melalui sistem smart lighting, kata dia, pemakaian listrik PJU di 165 titik tersebut bisa dikendalikan dari pusat kontrol yang ada di kantor Dinas Perhubungan.

"Dari pusat kontrol, kita bisa meredupkan dan mematikan listrik PJU. Ketika aktivitas jalan masih ramai, kecerahan lampu biasa berkisar 80-100 persen. Namun ketika jalan mulai sunyi, kecerahan bisa kita redupkan hingga 40 persen dengan sistem smart lighting ini," ucapnya.

"Bahkan kalau ada lampu PJU yang rusak, masyarakat tidak perlu lagi menyampaikan laporan ke pusat pengaduan, karena kita sudah tahu duluan. Kita telah melakukan pengawasan secara real time di pusat kendali," ulas dia.

Sistem smart lighting, terang Yuliarso, merupakan salah satu upaya pihaknya guna mamangkas tagihan listrik PJU.

"Karena kita bisa mengatur pemakaian energi listrik di setiap PJU yang sudah terhubung dengan sistem smart lighting," ujarnya.

Ke depan, lanjut Yuliarso, secara bertahap pihaknya akan menerapkan sistem smart lighting di seluruh PJU. Tercatat sebanyak 41.000 lampu PJU yang tersebar di 12 kecamatan se Kota Pekanbaru.

"Kita akan upayakan semua PJU terhubung di smart lighting, tentu harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan pemerintah kota," tutup mantan Camat Rumbai Pesisir ini.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8143 seconds (0.1#10.140)