Duh, Pemkab Pangandaran Kekurangan Dokter Puskesmas

Kamis, 23 Januari 2020 - 16:39 WIB
Duh, Pemkab Pangandaran Kekurangan Dokter Puskesmas
Duh, Pemkab Pangandaran Kekurangan Dokter Puskesmas
A A A
PANGANDARAN - Dengan akan beroperasinya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandega Kabupaten Pangandaran, beberapa dokter dari Puskesmas dipindah tugaskan.

Kepala Sub Bagian Kepegawaian Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Sri Heryani mengatakan, setelah pemindah tugasan dokter dari Puskesmas ke RSUD, Pemerintah Kabupaten Pangandaran saat ini kekurangan 8 dokter untuk ditugaskan di Puskesmas. "Jumlah Puskesmas se Kabupaten Pangandaran ada 15 Puskesmas yang tersebar di 10 Kecamatan," kata Sri.

Dari 15 Puskesmas di Kabupaten Pangandaran, 4 Puskesmas berstatus Puskesmas rawat inap dan 11 Puskesmas berstatus non rawat inap. "Idealnya untuk Puskesmas rawat inap ada 3 dokter dan Puskesmas non rawat inap ada 2 dokter," tambahnya.

Dijelaskan Sri beberapa hari lalu, dari 8 kebutuhan dokter sudah ada 2 dokter yang masuk ke Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Sekarang dari 15 Puskesmas ada 5 Puskesmas yang masih kekurangan dokter," jelas Sri.

Puskesmas yang kekurangan dokter diantaranya, Puskesmas Legokjawa kekurangan 2 dokter, Puskesmas Cimerak kekurangan 1 dokter, Puskesmas Langkaplancar kekurangan 1 dokter, Puskesmas Mangunjaya kekurangan 1 dokter dan Puskesmas Parigi kekurangan 1 dokter.

"Untuk mengantisifasi layanan saat kekurangan dokter di Puskesmas dilakukan pengelolaan managemen agar pelayanan tetap dilaksanakan secara maksimal," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3744 seconds (0.1#10.140)