Ketika Kenikmatan Kopi Robusta Menyatukan Semua Kalangan di Pangandaran

Selasa, 14 Januari 2020 - 20:34 WIB
Ketika Kenikmatan Kopi Robusta Menyatukan Semua Kalangan di Pangandaran
Ketika Kenikmatan Kopi Robusta Menyatukan Semua Kalangan di Pangandaran
A A A
PANGANDARAN - Dulu, kopi robusta hasil petani di Kabupaten Pangandaran tidak dapat dinikmati semua kalangan. Kopi robusta hanya dinikmati kalangan tertentu.

Tetapi sekarang, semua kalangan dapat menikmati aroma kopi robusta yang luar biasa. Orang tua, anak muda, pekerja, dan pedagang semua bisa menikmati kopi robusta. Adalah Kedai Kopi Innovative yang memperkenalkan kopi robusta kepada seluruh lapisan masyarakat di Pangandaran.

Pemilik Kedai Kopi Innovative Dede Sukma mengatakan, usaha kopi dirasa menjanjikan karena penggemar kopi sekarang semakin banyak. "Kami menggagas kedai kopi satu tahun lalu, sekarang perkembangannya sangat baik," kata Dede, Selasa (14/1/2020).

Dia menambahkan, dengan semakin banyaknya kedai kopi bermunculan di Pangandaran baginya bukan sebuah persaingan usaha, melainkan tanda berkembangnya pelaku usaha kopi.

"Kebanggaan bagi kami pelaku usaha kopi, karena sekarang kopi robusta hasil petani Pangandaran sudah digemari konsumen," tutur Dede.

Dia menjelaskan untuk mempertahankan eksistensi dan menjaga rasa kopi Pangandaran, Dede sering menggelar diakusi dengan mendatangkan narasumber yang mahir di bidang kopi.

"Hasil diskusi rutin yang kami gelar biasanya membahan seputar proses dari mulai pemetikan hingga memilih biji kopi," terangnya.

Selain proses pemetikan, proses tahapan pengolahan biji kopi jadi bahan diskusi. "Proses pengolahan kopi ada 4 metode, di antaranya natural, semi wash, full wash, haney dan wine," paparnya.

Untuk kopi robusta Pangandaran lebih cocok disajikan dengan pengolahan natural dengan cara memilih biji kopi melalui metode perendaman. "Kopi robusta yang baik untuk di sajikan merupakan kopi yang tenggelam saat direndam dalam air," pungkas Dede.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5504 seconds (0.1#10.140)