Kontak Tembak dengan OPM, 1 Prajurit Yonif 713/ST Gugur

Senin, 30 Desember 2019 - 14:52 WIB
Kontak Tembak dengan OPM, 1 Prajurit Yonif 713/ST Gugur
Kontak Tembak dengan OPM, 1 Prajurit Yonif 713/ST Gugur
A A A
JAYAPURA - Dua hari menjelang tahun baru 2020, terjadi baku tembak antara pasukan TNI dari Yonif 713/Satya Tama dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) Organisasi Papua Merdeka (OPM), di Pos Kaliasin, Keerom, Papua. Akibat kontak tembak yang terjadi pada Senin pagi (30/12/2019) tersebut menyebabkan satu prajurit gugur dan satu terkena luka tembak. (Baca: Kronologi Baku Tembak TNI-Polri dan KSB OPM yang Tewaskan 3 Warga)

Prajurit yang gugur Serda Miftachur Rohmat yang merupakan Wadan Pos Bewan Baru Satgas Yonif 713/ST. Serda M Rohmat terkena luka tembak pada bahu kiri depan menembus belakang perut.

Sedangkan prajurit mengalami luka tembak Prada Juwandhy Ramadhan yang menjabat sebagai Tabakpan 5 RU 2 Pos Bewan Baru Satgas Yonif 713/ST. Dia terkena luka tembak pada pelipis kanan dan pinggang kiri.

Berdasarkan Sumber MNC Media, kontak tembak terjadi saat 10 anggota pasukan Yonif 713/ST menggambil Dorlok di Pos Kaliasin sekitar pukul 08.30 WIT.

Lalu pada Pukul 10.30 WIT Sekitar 5 KM dari pos tepatnya di jembatan kayu terjadi Kontak dengan Kelompok KKSB selama 15 menit yang mengakibatkan dua personel TNI mengalami luka tembak.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kol Cpl Eko Daryanto saat dihubungi SINDOnews membenarkan adanya kontak tembak tersebut. Namun menurut Kol Cpl Eko Daryanto pihaknya masih mengumpulkan data data di lapangan mengenai kontak tembak tersebut. "Memang benar ada kontak tembak. Namun untuk keterangan lebih lengkap kami masih menunggu data dari lapangan, " kata perwira menengah Kodam Cenderawasih ini.

Berdasarkan penelusuran MNC Media, saat ini ke dua korban telah dievakuasi sementara di pos Bewan Baru untuk menunggu evakusi selanjutnya. Untuk Prada Juwandhy Ramadhan dirawat oleh Bakes Pos Bewan Baru Sertu Teguh Pramuji.

Pasukan Yonif 713/Satya Tama adalah Batalyon Infanteri dibawah Korem 133/Nani Wartabone, Kodam XIII/Merdeka. Pasukan ini bertugas di Papua sebagai Satgas Pamtas BKO Kodam XVII/Cenderawasih.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6489 seconds (0.1#10.140)