alexametrics

Gagah, Patung Bung Karno Akan Berdiri di Stasiun Tawang

loading...
Gagah, Patung Bung Karno Akan Berdiri di Stasiun Tawang
PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal membangun patung Proklamator Ir Soekarno di polder depan Stasiun Tawang Semarang, Jawa Tengah. Foto/SINDOnews/Taufik Budi
A+ A-
SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal membangun patung Proklamator Ir Soekarno di depan Stasiun Tawang Semarang, Jawa Tengah.

Patung Bung Karno tak hanya tinggi menjulang hingga 14 meter tetapi juga seolah mengapung karena berada di tengah kolam polder depan Stasiun Tawang. (Baca juga: Dialog Bung Karno dengan Profesor Kadirun Yahya)

"Jangan lupa bahwa yang berdiri nanti di situ yang patung setinggi 14 meter itu pendiri negara ini. Jadi mestinya kita bangga," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, usai peletakan batu pertama Patung Bung Karno di Semarang, Jumat (27/12/2019).



Dia mengatakan, pendirian patung Bung Karno itu akan semakin meneguhkan Kota Semarang sebagai daerah yang layak sebagai destinasi wisata. Sebab, patung tersebut akan semakin mempercantik kawasan wisata Kota Lama Semarang yang selama beberapa waktu terakhir terus dibenahi. (Baca juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Nataru, KAI Tambah 30 Perjalanan Kereta)

"Millenial ini sekarang sangat senang untuk travel. Ukurannya cuma satu kalau kita datang orang bikin foto, dan sekarang sudah terbukti di Kota Lama kalau kita lewat banyak sekali turis itu mereka berfoto-foto. Itu persis seperti di Belanda," terangnya.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyatakan, pendirian patung itu seiring dengan revitalisasi Kota Lama. Apalagi, pada Januari 2020 proyek revitalisasi tahap kedua akan segera dilakukan.

"Kawasan Stasiun Tawang ini bisa menyatu dengan kawasan Kota Lama sendiri. Apalagi nanti pada Januari sudah di mulai tahap kedua revitalisasi Kota Lama, yang nanti menyentuh dari Jalan Mpu Tantular ke Merak sehingga dengan kawasan Tawang bisa menjadi satu kesatuan. Apalagi ditambah adanya patung Bung Karno yang sangat tinggi sehingga akan menjadi daya tarik wisata," bebernya.

Selain pendirian patung Bung Karno, ksepakatan yang dilakukan PT KAI dengan Pemkot Semarang juga bersinergi dalam melakukan penataan Stasiun Semarang Tawang yang menjadi bagian dari Kawasan Kota Lama Semarang dan Stasiun Semarang Poncol.

Ruang lingkup kesepakatan ini dimulai dari tahap perencanaan, pembangunan, dan pengelolaan.

Di area Stasiun Semarang Tawang, rencana penataan yang akan dilakukan di antaranya membangun masjid di area Stasiun Semarang Tawang akan dilakukan PT KAI. Kemudian penataan area parkir Stasiun Semarang Tawang disertai gapura gate in dan gate out sebagai penunjang pelayanan pengguna jasa kereta api dan pariwisata Kota Lama Semarang dilakukan oleh PT KAI.

Untuk mendukung kenyamanan dan kelancaran pariwisata dengan tujuan Kota Lama, pihak Pemkot Semarang juga akan membangun Halte BRT di area Stasiun Semarang Tawang dan memanfaatkan area Polder Tawang yang merupakan aset PT KAI (Persero) untuk Rumah Genset sebagai pengendali banjir di kawasan ini.

Selain itu, pihak Pemkot Semarang juga akan membangun Taman Kota di bekas SPBU kawasan Stasiun Semarang Poncol yang tentu akan menambah keasrian Kota Semarang.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak