Dapat Subsidi Gaji, Satpam Ini Bakal Belanja Kebutuhan Pokok

Kamis, 27 Agustus 2020 - 13:48 WIB
loading...
Dapat Subsidi Gaji, Satpam Ini Bakal Belanja Kebutuhan Pokok
Para penerima BSU mengikuti peluncuran BSU untuk pekerja formal bersama Presiden Joko Widodo secara live streaming, dari kantor Disnaker Jatim, Kamis (27/8/2020). Foto: SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk pekerja formal peserta BPJamsostek yang sudah ditunggu-tunggu akhirnya cair. Alhasil, subsidi tersebut cukup membuat para pekerja bahagia. Maklum saja, selama Pandemi COVID-19 ini mereka belum tersentuh bantuan apapun dari pemerintah.

Beragam pengakuan dari penerima cukup menarik. Bagi guru honorer, bantuan yang diterima akan disisihkan untuk membeli kuota internet supaya proses belajar mengajar daring berjalan lancar. Begitu pula Dominukus, seorang satpam sekolah di Surabaya ini mengaku bahwa bantuan yang ia terima akan segera dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Saya berterimakasih, karena dalam situasi COVID-19 ini kami mengalami pengurangan gaji. Subsidi dari pemerintah ini sangat membantu untuk kebutuhan sehari-hari kami," kata Dominikus.

Dominikus merupakan satu diantara jutaan penerima BSU dari Jawa Timur yang mengikuti peluncuran BSU untuk pekerja formal bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara live streaming, dari kantor Disnaker Jatim, Kamis (27/8/2020). Selama pandemi, Satpam yang bertugas di Sekolah swasta ini gajinya dipotong demi efisiensi.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo, mengatakan pemerintah sudah mencairkan bantuan kepada 2,5 juta pekerja diseluruh Indonesia. Sedangkan untuk Jawa Timur, sebanyak 1.596.000 rekening pekerja dengan upah di bawah Rp5 juta sudah disetorkan ke pusat."Mudah-mudahan tervalidasi semua. Dan itu kalau sudah bisa, nanti akan bertahap," katanya.

BSU yang sudah diterima oleh para pekerja tersebut diharapkan segera dibelanjakan untuk kebutuhan masing-masing supaya ekonomi di jawa Timur bergerak seiring naiknya daya beli masyarakat. "Daya beli itu adalah bagian dari penilaian index kemiskinan kita," ujarnya.(Baca juga : Aduh, Marak Penipuan Lowongan Kerja di Puskesmas )

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur, Dodo Suharto mengatakan, BSU ini merupakan apresiasi dari pemerintah kepada badan usaha yang selama ini aktif membayar iuran BPJamsostek. Dalam waktu 10 hari terakhir, pihaknya berhasil mengumpulkan data hampir 1,6 juta rekening.

"Kami menghimbau agar seluruh perusahaan peserta BPJamsostek segera menyampaikan nomor rekening karyawannya yang upahnya dibawah Rp5 juta pada BPJamsostek setempat," tuturnya.

BPJamsostek Kanwil Jatim, lanjutnya, akan terus berkoordinasi dengan disnker jatim untuk mensosialisasikan pada perusahaan maupun serikat pekerja. Dari target 1,5 juta penerima saat ini BPJamsostek Jatim berhasil mengumpulkan 1,6 juta.

"Dari data 1,89 juta pekerja penerima upah yang gajinya dibawah Rp5 juta semua akan kami laporkan ke kementrian ketenagakerjaan," tegas Dodo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0577 seconds (0.1#10.140)