Riwayat Karier Brigjen Enoh Solehudin, Danrem 152/Baabullah Ternate Eks Komandan Grup 1 Para Komando Kopassus

Selasa, 10 September 2024 - 06:21 WIB
loading...
Riwayat Karier Brigjen...
Brigjen TNI Enoh Solehudin menjabat sebagai Danrem 152/Baabullah menggantikan Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga Kesumawide. Foto/Istimewa
A A A
MALUKU UTARA - Sebanyak enam Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang menjabat sebagai Komandan Resor Militer (Danrem) baru-baru ini mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen).

Kenaikan pangkat tersebut merupakan bagian dari promosi yang diberikan kepada 37 Pati TNI AD setelah Panglima TNI menerbitkan Surat Perintah bernomor Sprin/1719/VIII/2024 pada 28 Agustus 2024.

Salah satu perwira yang menerima kenaikan pangkat ini adalah Brigjen TNI Enoh Solehudin, yang kini resmi menjabat sebagai Danrem 152/Baabullah (Ternate) di bawah Kodam XVI/Pattimura. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Kadeplat Sesko TNI.



Brigjen TNI Enoh Solehudin bukanlah nama baru di kalangan TNI AD. Ia merupakan mantan Komandan Grup 1 Para Komando Kopassus, sebuah satuan elit yang setara dengan brigade dalam pasukan infanteri reguler.

Pada tahun 2016, ia dipercaya menggantikan Kolonel Inf Sudaryanto, yang kini menjabat sebagai Kapuslola Kawasan Bainstrahan Kementerian Pertahanan dengan pangkat Brigjen TNI. Dengan jabatan tersebut, Enoh Solehudin tercatat sebagai Komandan Grup 1 Kopassus ke-26.

Grup 1 Para Komando sendiri terdiri dari empat batalyon tempur dengan jumlah personel sekitar 1.400 orang. Satuan ini dikenal dengan kemampuan tempurnya yang luar biasa dan sering terlibat dalam operasi-operasi penting.

Kenaikan pangkat Brigjen TNI Enoh Solehudin menjadi Brigadir Jenderal terjadi setelah ia resmi dipercaya menjabat Danrem 152/Baabullah menggantikan Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga Kesumawide yang menjabat sebagai Direktur Latihan Kodiklat TNI AD di Bandung.



Karier Enoh Solehudin di TNI telah melalui berbagai posisi strategis. Ia pernah menduduki jabatan sebagai Kapendam I/Bukit Barisan selama satu setengah tahun, sebelum kemudian menjabat sebagai Komandan Grup 1 Para Komando Kopassus di Serang pada Juni 2016.

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Jasmani Kodam (Kajasdam) XVI/Pattimura, Pamen Denma Mabesad, dan Pamen Ahli gol IV Kopassus Bidang Taktik Parako.

Pada tahun 2021, Brigjen TNI Enoh Solehudin dipercaya sebagai Asintel Kasdam III/Siliwangi, dan pada tahun yang sama ia diamanahkan untuk menjabat sebagai Kepala Staf Korem (Kasrem) 033/Wira Pratama.

Karier yang cemerlang ini membawanya hingga ke posisi saat ini sebagai Danrem 152/Baabullah, mempertegas rekam jejaknya yang mengesankan dalam dunia militer.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1904 seconds (0.1#10.140)