Inisiatif Inklusif untuk Mengembangkan Akses Layanan Kesehatan di Sulawesi Selatan

Senin, 09 September 2024 - 06:06 WIB
loading...
A A A
Yang tak kalah pentingnya adalah peran AIHSP dalam memfasilitasi komunikasi yang efektif dengan para penyandang disabilitas. Lutfi mencontohkan, teman-temannya yang tuna netra atau tuna rungu kerap kesulitan mengakses informasi karena sebagian besar informasi ditujukan kepada orang-orang yang bukan penyandang disabilitas. Akibatnya, misinformasi, khususnya hoaks, lebih marak di kalangan penyandang disabilitas, sehingga membatasi partisipasi mereka dalam program vaksinasi.

“Salah satu program yang paling bermanfaat dengan AIHSP adalah bagaimana mereka membantu kami membangun komunikasi yang lebih baik dengan rekan-rekan kami, membuat konten yang disesuaikan khusus untuk kami,” ungkapnya.

Menariknya, dalam kegiatan vaksinasi ini, para penyandang disabilitas juga dilatih untuk membuat konten terkait Covid-19 yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Inisiatif Inklusif untuk Mengembangkan Akses Layanan Kesehatan di Sulawesi Selatan


Petugas vaksinasi Covid-19 mengunjungi rumah warga di Kabupaten Maros untuk memberikan vaksinasi dalam upaya memastikan inklusivitas dan aksesibilitas.


“Kontennya dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan kami. Mereka membuat konten sambil ditutup matanya atau dengan telinga tertutup. Kontennya harus bisa dipahami bahkan dengan keterbatasan ini. Jika tidak, mereka harus mengulanginya,” jelasnya dengan antusias.

Dengan konten ini, ia bisa mengakses informasi yang akurat, sehingga edukasi vaksin menjadi lebih efektif. Melihat manfaatnya yang signifikan, Lutfi berharap pemerintah bisa mengadopsi metode ini dalam semua programnya, terutama program kesehatan.

“Harus ada keterlibatan aktif dan bermakna dari para penyandang disabilitas,” Lutfi menegaskan.

Ia mengakui bahwa AIHSP telah membantu dirinya dan rekan-rekannya untuk tumbuh dan berkembang secara signifikan.

“Mereka yang berpotensi, diberdayakan untuk memanfaatkan keterampilannya. Banyak inisiatif yang dilakukan, termasuk memfasilitasi forum-forum yang mengakomodasi penyandang disabilitas. Jika ini terus berlanjut, maka akan sangat bermanfaat,” katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)