alexametrics

Kebakaran di Lereng Gunung Wilis Meluas, 10 Ha Hutan Lindung Terbakar

loading...
Kebakaran di Lereng Gunung Wilis Meluas, 10 Ha Hutan Lindung Terbakar
Sekitar 10 hektare hutan lindung di Kawasan Gunung Wilis, Kabupaten Kediri ludes terbakar. Peristiwa kebakaran yang terjadi sejak Jumat malam18 Oktober lalu diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan. Foto iNews TV/Afnan S
A+ A-
KEDIRI - Sekitar 10 hektare hutan lindung di Kawasan Gunung Wilis, Kabupaten Kediri ludes terbakar. Peristiwa kebakaran yang terjadi sejak Jumat malam18 Oktober lalu diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Kencangnya angin dan keringnya semak belukar membuat api semakin cepat meluas bermula hanya dengan luas 3 hektare kini telah merembet hingga 10 hektare. Akibat kejadian ini personil gabungan dari BPBD Kabupaten Kediri, Perhutani, TNI dan Polri diterjunkan untuk upaya pemadaman dengan membuat sekat bakar.

Kepala BPBD Kabupaten Kediri Randy Agatha mengatakan, dalam kebakaran ini berbagai upaya dilakukan oleh sejumlah tim yang terdiri dari tim 1 berkekuatan 18 personel lokasi di Gunung Gangsang yang melakukan pemadaman agar api tidak meluas melalui jalur selatan.



Sementara tim 2 berkekuatan 3 personel Perhutani naik melalui jalur utara menuju Gunung Limas dengan melakukan upaya memutus jalur api agar tidak merambat gunung ini yang sudah perbatasan dengan area Nganjuk.

Dalam pemadaman ini terdapat beberapa kendala yakni jarak antara posko kendali di Pos Kelir ke lokasi kebakaran berjarak kurang lebih 7 kilometer dengan medan perbukitan.

Namun begitu hingga saat ini petugas gabungan Perhutani dibantu pasukan TNI dan anggota BPBD terus melakukan upaya melokalisir meluasnya api dengan cara membuat ilaran untuk memutus api dan memadamkan api menggunakan dahan tanaman dan pompa gendong portable.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak