alexametrics

Dampak Karhutla, Kabut Tebal Selimuti Jalan Trans Sulawesi

loading...
Dampak Karhutla, Kabut Tebal Selimuti Jalan Trans Sulawesi
Kabut tebal ancam pengendara di jalur trans Sulawesi, Desa Mowewe dan Lalolae, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Senin (9/9/2019) pagi. Foto/Asdar Zuula
A+ A-
KOLAKA TIMUR - Kabut asap tebal akibat kebakaran lahan gambut mengancam pengendara yang melintas di jalan trans Sulawesi, Desa Mowewe dan Lalolae, Kecamatan Rate-Rate, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (9/9/2019) pagi.

Kabut asap ini juga mulai menyerang pemukiman warga, akibat tiupan angin kencang di musim kemarau. Data Manggala Agni, Lahan gambut di Kolaka Timur yang terbakar sejak sepekan terakhir sudah mencapai kurang lebih 200 hektare.
Dampak Karhutla, Kabut Tebal Selimuti Jalan Trans Sulawesi

Pemadaman api sulit dilakukan oleh petugas Manggala Agni bersama Aparat Kepolisian dan TNI, lantaran sumber air jauh dari lokasi kebakaran.

"Titik api sekarang mengarah ke Desa Weambo, saya sampaikan dan saya perintahkan kepada tim, untuk memindah lokasi pemadaman, sekarang kita memukul api dari samping untuk menghindari pergerakan api yang mengarah ke Desa Weambo," jelas Kepala Manggala Agni Daops Sultra, Yanuar Fanca Kusuma.



Hingga kini, petugas Manggala Agni dibantu Aparat Kepolisian dan TNI, terus melakukan pemadaman api dengan alat seadaanya.

Diduga lahan gambut ini, sengaja dibakar oleh oknum tidak bertanggung jawab, untuk kepentingan lahan perkebunan baru.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak